Modul Penyusunan Soal USBN Di Tingkat SD | SDN Ciwangi Purwakarta
..:: Selamat Datang Peserta Didik Baru Di Sekolah TASBIH (Taqwa, Aman, Santun, Bersih, Indah, Hijau) ::..

Modul Penyusunan Soal USBN Di Tingkat SD




Dijelaskan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian, penilaian pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas: penilaian hasil belajar oleh pendidik, penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan, dan penilaian hasil belajar oleh pemerintah. Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di sekolah dasar selanjutnya di sebut USBN SD termasuk dalam penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan.

Baca Juga: POS UN dan Kisi-Kisi USBN Tahun 2018

Secara garis besar isi modul merupakan penyesuain dari isi panduan penyusunan soal USBN dengan karakteristik penyusunan soal USBN SD dan struktur program bimbingan teknis penyusunan soal USBN SD. Penyesuaian dimaksud meliputi penjabaran teknis penyusunan soal USBN SD dilengkapi contoh-contoh pada setiap tahapan penyusunan soal USBN khusus untuk tingkat SD

Penilaian melalui USBN merupakan penilaian yang terstandar. Untuk penilaian terstandar, harus ada acuan yang sama, baik dalam penyusunan soal maupun dalam pelaksanaan ujian. Dalam pelaksanaan ujian yang menjadi acuan adalah Prosedur Operasional Standar (POS) USBN. Dalam penyusunan soal, yang menjadi acuan adalah kisi-kisi USBN yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku. Namun kisi-kisi USBN hanya merupakan awal dari pengembangan soal USBN, beberapa langkah yang perlu ditempuh untuk memperoleh soal USBN yang berkualitas adalah sebagai berikut.
1. Penyusunan indikator soal
Indikator soal merupakan jabaran lingkup materi dan level kognitif dari kisi-kisi USBN, sebagai pedoman bagi penulisan atau perakitan soal. Penyusunan indikator soal dilakukan oleh KKG penyusun indikator yang dipilih dan ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

2. Penulisan soal
Penulisan soal dilakukan oleh KKG penyusun soal yang dipilih dan ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Soal ditulis oleh guru dalam KKG penyusun soal berdasarkan indikator soal yang disusun oleh KKG penyusun indikator. Penulisan soal termasuk pedoman penskoran untuk soal pilihan ganda dan uraian.

3. Penelaahan Soal
Penelaahan soal dilakukan secara kualitatif berdasarkan kaidah penulisan soal oleh penelaah soal, dilakukan oleh KKG. Hasil telaah soal diklasifikasikan menjadi soal baik, soal kurang baik, dan soal ditolak. Soal baik langsung diterima/dapat digunakan, soal kurang baik perlu diperbaiki, dan soal yang ditolak dikembalikan ke penulis atau tidak digunakan.

4. Perakitan soal
Soal-soal baik selanjutnya dirakit menjadi beberapa paket soal untuk digunakan dalam ujian. Pada perakitan, dilakukan penggabungan antara soal dari Kementerian dan soal yang ditulis oleh pendidik. Perakitan dilakukan di KKG.

TAHAPAN PENYUSUNAN SOAL USBN SD  
SESI 1 KONSEP PENYUSUNAN SOAL TES TERTULIS  
A. Teknik Penulisan Soal Pilihan Ganda (PG
B. Teknik Penulisan Soal Uraian  
C. Hal-Hal yang Perlu Dihindari dalam Penulisan Soal  

SESI 2 PENYUSUNAN INDIKATOR KISI-KISI SOAL USBN  
A. Menganalisis Lingkup Materi dan Level Kognitif  
B. Tahapan Penyusunan Indikator dan Jenis Soal  

SESI 3 PENYUSUNAN SOAL TES TERTULIS  
A. Penyusunan Soal Pilihan Ganda  
B. Penyusunan Soal Uraian  
C. Penyusunan Pedoman Penskoran  

SESI 4 TELAAH SOAL TES TERTULIS  
SESI 5 PERAKITAN SOAL TES TERTULIS  
A. Perakitan Soal  
B. Pemberian Nilai  

LAMPIRAN
A. Contoh Kisi-Kisi Penulisan Soal dan Soal Bahasa Indonesia SD  
B. Contoh Kisi-Kisi Penulisan Soal dan Soal Matematika SD  
C. Contoh Kisi-Kisi Penulisan Soal dan Soal Ilmu Pengetahuan Alam SD

Download:

Masukkan E-Mail Anda:

0 Tanggapan "Modul Penyusunan Soal USBN Di Tingkat SD"

Post a Comment