Pertanyaan dan Jawaban Tentang Seputar Kurikulum 2013 | SDN Ciwangi Purwakarta
..:: Selamat Datang Peserta Didik Baru Di Sekolah TASBIH (Taqwa, Aman, Santun, Bersih, Indah, Hijau) ::..

Pertanyaan dan Jawaban Tentang Seputar Kurikulum 2013

Pertanyaan Seputar Kurikulum 2013
Tanya: 
Komponen apa saja yang diperbaiki pada Kurikulum 2013?

Jawab:
Yang harus diperhatikan dalam implementasi Kurikulum 2013 adalah pada proses pembelajaran dan penilaiannya. Terdapat tiga dimensi  yang harus diperhatikan dalam proses pembelajaran dan penilaian, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Kristalisasi ketiga kompetensi tersebut terakumulasi dalam standar kompetensi lulusan, yang kemudian dijabarkan menjadi KI-1, KI-2, KI-3 dan KI-4 yang memandu penetapan materi pembelajaran. Dengan kata lain aktivitas pembelajaran harus didesain pada tiga ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Sedangkan dalam proses penilaian, pelaksanaannya menggunakan tes, obervasi, portfolio dan penilaian sikap. 

Tanya:
Apakah sekolah nantinya diharuskan menyusun KTSP seperti kurikulum 2006?

Jawab:
Mengingat kondisi Indonesia baik secara geografis maupun sosial-budaya yang begitu ragam maka amatlah cocok apabila setiap sekolah mengembangkan kurikulumnya sendiri sesuai dengan karakteristiknya dengan tetap mengacu pada kurikulum nasional. Oleh karena itu, kebijakan tersebut akan tetap diberlakukan sehingga masing-masing sekolah tetap harus memiliki KTSP.


Tanya:
Di Sekolah Dasar, setiap KD mata pelajaran telah dilakukan penilaian untuk melihat ketuntasannya, tetapi mengapa masih juga diperlukan Ulangan Harian Tengah Semester (UHTS), apakah hal ini tidak tumpang tindih?. 

Jawab:
Pembelajaran setiap KD memang harus dilakukan penilaian untuk melihat seberapa jauh siswa telah mencapai KKM. Sedangkan UHTS dapat dipakai sebagai alat penilaian untuk perbaikan pembelajaran dan alat penilaian untuk ketercapaian mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8 - 9 minggu kegiatan pembelajaran. cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang mempresentasikan seluruh KD pada periode tersebut.

Download:

Masukkan E-Mail Anda:

0 Tanggapan "Pertanyaan dan Jawaban Tentang Seputar Kurikulum 2013"

Post a Comment