Komponen apa saja yang diperbaiki pada Kurikulum 2013?
Jawab:
Yang harus diperhatikan dalam implementasi Kurikulum 2013 adalah pada
proses pembelajaran dan penilaiannya. Terdapat tiga dimensi yang harus
diperhatikan dalam proses pembelajaran dan penilaian, yaitu sikap, pengetahuan,
dan keterampilan.
Kristalisasi ketiga kompetensi tersebut terakumulasi dalam standar
kompetensi lulusan, yang kemudian dijabarkan menjadi KI-1, KI-2, KI-3 dan KI-4
yang memandu penetapan materi pembelajaran. Dengan kata lain aktivitas
pembelajaran harus didesain pada tiga ranah sikap, pengetahuan dan
keterampilan. Sedangkan dalam proses penilaian, pelaksanaannya menggunakan tes,
obervasi, portfolio dan penilaian sikap.
Tanya:
Apakah sekolah nantinya
diharuskan menyusun KTSP seperti kurikulum 2006?
Jawab:
Mengingat kondisi
Indonesia baik secara geografis maupun sosial-budaya yang begitu ragam maka
amatlah cocok apabila setiap sekolah mengembangkan kurikulumnya sendiri sesuai
dengan karakteristiknya dengan tetap mengacu pada kurikulum nasional. Oleh
karena itu, kebijakan tersebut akan tetap diberlakukan sehingga masing-masing
sekolah tetap harus memiliki KTSP.
Tanya:
Di Sekolah Dasar, setiap KD mata
pelajaran telah dilakukan penilaian untuk melihat ketuntasannya, tetapi mengapa
masih juga diperlukan Ulangan Harian Tengah Semester (UHTS), apakah hal ini
tidak tumpang tindih?.
Jawab:
Pembelajaran setiap KD
memang harus dilakukan penilaian untuk melihat seberapa jauh siswa telah
mencapai KKM. Sedangkan UHTS dapat dipakai sebagai alat penilaian untuk perbaikan
pembelajaran dan alat penilaian untuk ketercapaian mengukur pencapaian
kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8 - 9 minggu kegiatan
pembelajaran. cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang mempresentasikan
seluruh KD pada periode tersebut.
Download:
0 Tanggapan "Pertanyaan dan Jawaban Tentang Seputar Kurikulum 2013"
Post a Comment