TANYA:
Jelaskan
langkah-langkah dalam merancang prota dan prosem?
JAWAB:
Langkah-langkah perancangan Program Tahunan:
· Menelaah jumlah tema dan subtema pada suatu kelas.
· Menghitung jumlah Minggu Belajar Efektif (MBE) dalam satu tahun.
· Mendistribusikan alokasi waktu Minggu Belajar Efektif
(MBE) ke dalam subtema
Langkah-langkah perancangan Program Semester, meliputi:
·
Menelaah kalender pendidikan dan ciri khas satuan
pendidikan berdasarkan kebutuhan tingkat satuan pendidikan.
·
Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran,
minggu pembelajaran efektif, dan waktu pembelajaran efektif (per minggu). Hari-
hari libur meliputi:
o
Jeda tengah semester
o
Jeda antar semester
o
Libur akhir
tahun pelajaran
o
Hari libur keagamaan
o
Hari libur
umum termasuk hari-hari besar nasional
o
Hari libur khusus
· Menghitung jumlah Hari Belajar Efektif (HBE) dan Jam
Belajar Efektif (JBE) setiap bulan dan semester dalam satu tahun.
· Mendistribusikan alokasi waktu yang disediakan untuk
suatu subtema serta mempertimbangkan waktu untuk ulangan serta analisis materi
TANYA:
Tuliskan komponen-komponen minimal yang harus ada dalam
prota dan prosem?
JAWAB:
Komponen dalam Program Tahunan meliputi :
· Identitas (kelas, muatan pelajaran, tahun pelajaran)
· Format isian ( tema, sub tema, dan alokasi waktu).
Program semester ini berisikan:
· Identitas (satuan pendidikan, mata pelajaran,
kelas/semester, tahun pelajaran).
· Format isian (tema, sub tema, pembelajaran ke alokasi
waktu, dan bulan yang terinci per minggu, dan keterangan yang diisi pelaksanaan
pembelajaran berlangsung)
TANYA:
Jelaskan peran Peserta dalam penyusunan prota dan prosem
di sekolah?
JAWAB:
a. Memastikan
bahwa semua tema dan sub tema dalam setiap kelas sudah ada dalam prota dan prosem
b. Memastikan
bahwa penghitungan alokasi minggu efektif sesuai dengan kalender pendidikan
c. Memastikan
bahwa pendistribusian alokasi waktu Minggu Belajar Efektif (MBE) ke dalam
subtema dilakukan secara tepat
d. Memfasilitasi
guru dalam menelaah kalender pendidikan dan ciri khas satuan pendidikan
berdasarkan kebutuhan tingkat satuan pendidikan
e. Memfasilitasi
guru dalam menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu
pembelajaran efektif, dan waktu pembelajaran efektif (per minggu).
f. Bersama
dengan guru menghitung jumlah Hari Belajar Efektif (HBE) dan Jam Belajar Efektif
(JBE) setiap bulan dan semester dalam satu tahun.
g. Bersama
dengan guru mendistribusikan alokasi waktu yang disediakan untuk suatu subtema
serta mempertimbangkan waktu untuk ulangan serta analisis materi.
TANYA:
Apa manfaat melakukan pemetaan Kompetensi Dasar?
JAWAB:
Pemetaan
KD dimanfaatkan sebagai dasar perancangan kegiatan penilaian harian, tengah
semester, dan akhir semester
TANYA:
Jelaskan
fungsi IPK?
JAWAB:
a.
Mengembangkan
materi pembelajaran
Pengembangan
materi pembelajaran harus sesuai dengan indikator yang dikembangkan. IPK yang
dirumuskan secara cermat dapat memberikan arah dalam pengembangan materi
pembelajaran yang efektif sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, potensi
dan kebutuhan siswa, sekolah, serta lingkungan.
b.
Mendesain
kegiatan pembelajaran
Pengembangan
desain pembelajaran hendaknya sesuai dengan IPK yang dikembangkan, karena IPK
dapat memberikan gambaran kegiatan pembelajaran yang efektif untuk mencapai kompetensi. IPK yang menuntut kompetensi dominan pada aspek prosedural menunjukkan
agar kegiatan pembelajaran dilakukan tidak dengan strategi ekspositori
melainkan lebih tepat dengan strategi
discovery-inquiry
c.
Mengembangkan
bahan ajar
Bahan
ajar perlu dikembangkan oleh guru guna menunjang pencapaian kompetensi siswa.
Pemilihan bahan ajar yang efektif harus sesuai
tuntutan IPK sehingga dapat meningkatkan pencapaian kompetensi
secara maksimal.
d.
Merancang
dan melaksanakan penilaian hasil belajar
Indikator
menjadi pedoman dalam merancang, melaksanakan, serta mengevaluasi hasil
belajar. Rancangan penilaian memberikan acuan dalam menentukan bentuk dan jenis
penilaian, serta pengembangan indikator penilaian.
TANYA:
Tuliskan hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam
mengembangkan IPK!
JAWAB:
1.
Indikator
dirumuskan dari KD
2.
Menggunakan
kata kerja operasional (KKO) yang dapat diukur
3. Dirumuskan dalam kalimat yang simpel, jelas dan mudah dipahami.
4.
Tidak
menggunakan kata yang bermakna ganda
5.
Hanya
mengandung satu tindakan dan satu materi.
6.
Memperhatikan
karakteristik mata pelajaran, potensi & kebutuhan peserta didik, sekolah,
masyarakat dan lingkungan/daerah
TANYA:
Jelaskan
langkah-langkah merumuskan Indikator!
JAWAB:
1.
Memahami
Kata Kerja Operasional dalam Taxonomi Bloom
2.
Tentukan KD
yang akan diturunkan menjadi indikator
3.
Tentukan
kata kerja dari Kompetensi Dasar
4.
Tentukan
Kata Kerja Operasional (KKO) dengan mencocokkan kata kerja tersebut di atas dengan KKO yang ada pada Taxonomi Bloom.
TANYA:
Jelaskan
Langkah Langkah Penyusunan silabus!
JAWAB:
Langkah-langkah yang dilakukan dalam penyusunan silabus
tematik:
1.
Mengidentifikasi
materi pelajaran dari setiap kompetensi dasar yang ingin dicapai dari semua
mata pelajaran yang akan
diintegrasikan.
2.
Mengidentifikasi
tema-tema yang menarik bagi siswa, lalu memilih beberapa tema yang akan
dijadikan sebagai tema pembelajaran.
3.
Memetakan
materi pelajaran untuk setiap tema/subtema yang sesuai. Pemetaan
materi perlu juga memperhatikan keruntutan dari materi untuk setiap mata
pelajaran dan tingkat kesulitan dari materi tersebut agar mendapatkan alokasi
waktu yang cukup.
4.
Merancang
Pembelajaran berdasarkan pemetaan materi pelajaran yang telah dilakukan.
5.
Mendesain
penilaian yang akan dilakukan untuk proses pembelajaran yang telah dirancang berdasarkan tema atau sub tema yang telah diajarkan
TANYA:
Sebagai
kepala sekolah, jelaskan peran Peserta dalam penyusunan silabus!
JAWAB:
1.
Memfasilitasi
bahan-bahan atau hal yang diperlukan oleh guru dalam menyusun silabus.
2.
Memberikan
penjelasan singkat cara menyusun silabus kepada guru yang
belum memahami cara penyusunan silabus
3.
mengajak
berdiskusi kepada guru bila ada hal yang belum dipahami terkait dengan
penyusunan silabus
4.
memfasilitasi
dan memberikan ruang kreaif kepada guru untuk menyusun silabus sesuai dengan kebutuhan kelas dimana belaiau bertugas
TANYA:
Jelaskan
konsep dasar pembelajaran tematik terpadu?
JAWAB:
Pembelajaran tematik merupakan salah satu model
pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata
pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi peserta didik.
Pembelajaran terpadu didefinisikan sebagai pembelajaran yang menghubungkan
berbagai gagasan, konsep, keterampilan, sikap, dan nilai baik antar mata
pelajaran maupun dalam satu mata pelajaran
TANYA:
Tuliskan
ciri khas dari pembelajaran tematik?
JAWAB:
Pembelajaran
tematik memiliki ciri khas antara lain:
1.
Pengalaman
dan kegiatan belajar relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan anak
usia sekolah dasar;
2.
Kegiatan-kegiatan
yang dipilih dalam pelaksanaan pembelajaran tematik bertolak dari minat dan
kebutuhan peserta didik;
3.
Kegiatan
belajar dipilih yang bermakna dan berkesan bagi peserta didik sehingga hasil
belajar dapat bertahan lebih lama;
4.
Memberi
penekanan pada keterampilan berpikir peserta didik;
5. Menyajikan kegiatan belajar yang bersifat pragmatis sesuai dengan
permasalahan yang sering ditemui peserta didik dalam lingkungannya; dan
6. Mengembangkan keterampilan sosial peserta didik, seperti kerjasama,
toleransi, komunikasi, dan tanggap terhadap gagasan orang lain
TANYA:
Tuliskan
langkah-langkah merancang pembelajaran tematik terpadu?
JAWAB:
1.
Menentukan
Tema dalam Satu Tahun Ajaran
2.
Menyusun
Indikator pada Setiap Kompetensi Dasar dari setiap mata pelajaran
3.
Memetakan
kompetensi dasar dari semua mata pelajaran dalam satu tahun pelajaran
4.
Membuat
Jaringan Tema
5.
Membagi
jaringan tema menjadi subtema
6.
Membagi
jaringan subtema menjadi jaringan harian
7.
Menyiapkan
Materi Pembelajaran
TANYA:
Bagaimana
cara menyusun jadwal pembelajaran tematik terpadu?
JAWAB:
1.
Membentuk
tim penyusun jadwal pembelajaran tematik terpadu yang terdiri dari
guru kelas dan guru mapel
2.
Menyiapkan
kalender pendidikan
3.
Menghitung
Jumlah hari efektif
4.
Menghitung
jumlah Tema, Sub tema, dan PB
5.
Menyusun
kegiatan harian dan sub tema untuk satu minggu
Baca Juga: Tanya Jawab Tentang Seputar Kurikulum 2013
TANYA:
Jelaskan
cara menentukan KKM mata pelajaran!
JAWAB:
Cara
yang dilakukan Satuan pendidikan dalam menentukan KKM adalah;
1.
Menentukan
KKM Mata pelajaran
a.
berdasarkan
pada KD yang diajarkan pada satu tahun pelajaran (KD pengetahuan dan
keterampilan) dengan mempertimbangkan 3 aspek yaitu; komplesitas, intake dan
kondisi satuan dengan skala 0-100.
b.
menghitung
rata-rata per KD berdasarkan 3 tersebut.
c.
KKM mata
pelajaran diperoleh melalui rata-rata KD satu tahun pelajaran
2.
KKM satuan pendidikan
Diperoleh melalui KKM terendah pada mata
pelajaran dari KKM semua jenjang kelas
Download:Buku Manajemen Implementasi Kurikulum 2013
0 Tanggapan "Tanya Jawab Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2018"
Post a Comment