Tanya Jawab Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2018 | SDN Ciwangi Purwakarta
..:: Selamat Datang Peserta Didik Baru Di Sekolah TASBIH (Taqwa, Aman, Santun, Bersih, Indah, Hijau) ::..

Tanya Jawab Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2018

TANYA:
Jelaskan langkah-langkah dalam merancang prota dan prosem?
JAWAB:
Langkah-langkah perancangan Program Tahunan:
·      Menelaah jumlah tema dan subtema pada suatu kelas.
·      Menghitung jumlah Minggu Belajar Efektif (MBE) dalam satu tahun.
·      Mendistribusikan alokasi waktu Minggu Belajar Efektif (MBE) ke dalam subtema

Langkah-langkah perancangan Program Semester, meliputi:
·      Menelaah kalender pendidikan dan ciri khas satuan pendidikan berdasarkan kebutuhan tingkat satuan pendidikan.
·      Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu pembelajaran efektif, dan waktu pembelajaran efektif (per minggu). Hari- hari libur meliputi:
o    Jeda tengah semester
o    Jeda antar semester
o    Libur akhir tahun pelajaran
o    Hari libur keagamaan
o    Hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional
o    Hari libur khusus
·      Menghitung jumlah Hari Belajar Efektif (HBE) dan Jam Belajar Efektif (JBE) setiap bulan dan semester dalam satu tahun.
·      Mendistribusikan alokasi waktu yang disediakan untuk suatu subtema serta mempertimbangkan waktu untuk ulangan serta analisis materi

TANYA:
Tuliskan komponen-komponen minimal yang harus ada dalam prota dan prosem?
JAWAB:
Komponen dalam Program Tahunan meliputi :
·      Identitas (kelas, muatan pelajaran, tahun pelajaran)
·     Format isian ( tema, sub tema, dan alokasi waktu).

Program semester ini berisikan:
·      Identitas (satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas/semester, tahun pelajaran).
·      Format isian (tema, sub tema, pembelajaran ke alokasi waktu, dan bulan yang terinci per minggu, dan keterangan yang diisi pelaksanaan pembelajaran berlangsung)

TANYA:
Jelaskan peran Peserta dalam penyusunan prota dan prosem di sekolah?
JAWAB:
a.   Memastikan bahwa semua tema dan sub tema dalam setiap kelas sudah ada dalam prota dan prosem
b.   Memastikan bahwa penghitungan alokasi minggu efektif sesuai dengan kalender pendidikan
c.   Memastikan bahwa pendistribusian alokasi waktu Minggu Belajar Efektif (MBE) ke dalam subtema dilakukan secara tepat
d.   Memfasilitasi guru dalam menelaah kalender pendidikan dan ciri khas satuan pendidikan berdasarkan kebutuhan tingkat satuan pendidikan
e.   Memfasilitasi guru dalam menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu pembelajaran efektif, dan waktu pembelajaran efektif (per minggu).
f.    Bersama dengan guru menghitung jumlah Hari Belajar Efektif (HBE) dan Jam Belajar Efektif (JBE) setiap bulan dan semester dalam satu tahun.
g.   Bersama dengan guru mendistribusikan alokasi waktu yang disediakan untuk suatu subtema serta mempertimbangkan waktu untuk ulangan serta analisis materi.

TANYA:
Apa manfaat melakukan pemetaan Kompetensi Dasar?
JAWAB:
Pemetaan KD dimanfaatkan sebagai dasar perancangan kegiatan penilaian harian, tengah semester, dan akhir semester

TANYA:
Jelaskan fungsi IPK?
JAWAB:
a.   Mengembangkan materi pembelajaran
Pengembangan materi pembelajaran harus sesuai dengan indikator yang dikembangkan. IPK yang dirumuskan secara cermat dapat memberikan arah dalam pengembangan materi pembelajaran yang efektif sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, potensi dan kebutuhan siswa, sekolah, serta lingkungan.
b.   Mendesain kegiatan pembelajaran
Pengembangan desain pembelajaran hendaknya sesuai dengan IPK yang dikembangkan, karena IPK dapat memberikan gambaran kegiatan pembelajaran yang  efektif  untuk  mencapai  kompetensi.  IPK  yang  menuntut  kompetensi  dominan   pada  aspek   prosedural   menunjukkan agar kegiatan pembelajaran dilakukan tidak dengan strategi ekspositori melainkan lebih tepat dengan strategi discovery-inquiry
c.   Mengembangkan bahan ajar
Bahan ajar perlu dikembangkan oleh guru guna menunjang pencapaian kompetensi siswa. Pemilihan bahan ajar yang  efektif  harus  sesuai tuntutan IPK sehingga dapat meningkatkan  pencapaian  kompetensi secara maksimal.
d.   Merancang dan melaksanakan penilaian hasil belajar
Indikator menjadi pedoman dalam merancang, melaksanakan, serta mengevaluasi hasil belajar. Rancangan penilaian memberikan acuan dalam menentukan bentuk dan jenis penilaian, serta pengembangan indikator penilaian.

TANYA:
Tuliskan hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam mengembangkan IPK!
JAWAB:
1.   Indikator dirumuskan dari KD
2.   Menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang dapat diukur
3.  Dirumuskan dalam kalimat yang simpel, jelas dan mudah dipahami.
4.   Tidak menggunakan kata yang bermakna ganda
5.   Hanya mengandung satu tindakan dan satu materi.
6.   Memperhatikan karakteristik mata pelajaran, potensi & kebutuhan peserta didik, sekolah, masyarakat dan lingkungan/daerah

TANYA:
Jelaskan langkah-langkah merumuskan Indikator!
JAWAB:
1.   Memahami Kata Kerja Operasional dalam Taxonomi Bloom
2.   Tentukan KD yang akan diturunkan menjadi indikator
3.   Tentukan kata kerja dari Kompetensi Dasar
4.   Tentukan Kata Kerja Operasional (KKO) dengan mencocokkan kata  kerja tersebut di atas dengan KKO yang ada pada Taxonomi Bloom.

TANYA:
Jelaskan Langkah Langkah Penyusunan silabus!
JAWAB:
Langkah-langkah yang dilakukan dalam penyusunan silabus tematik:
1.   Mengidentifikasi materi pelajaran dari setiap kompetensi dasar yang ingin dicapai dari semua mata pelajaran yang akan diintegrasikan.
2.   Mengidentifikasi tema-tema yang menarik bagi siswa, lalu memilih beberapa tema yang akan dijadikan sebagai tema pembelajaran.
3.   Memetakan materi pelajaran untuk setiap tema/subtema yang sesuai.  Pemetaan materi perlu juga memperhatikan keruntutan dari materi untuk setiap mata pelajaran dan tingkat kesulitan dari materi tersebut agar mendapatkan alokasi waktu yang cukup.
4.   Merancang Pembelajaran berdasarkan pemetaan materi pelajaran yang telah dilakukan.
5.   Mendesain penilaian yang akan dilakukan untuk proses pembelajaran yang telah dirancang berdasarkan tema atau sub tema yang telah diajarkan

TANYA:
Sebagai kepala sekolah, jelaskan peran Peserta dalam penyusunan silabus!
JAWAB:
1.   Memfasilitasi bahan-bahan atau hal yang diperlukan oleh guru  dalam  menyusun silabus.
2.   Memberikan penjelasan singkat cara menyusun silabus  kepada  guru  yang belum memahami cara penyusunan silabus
3.   mengajak berdiskusi kepada guru bila ada hal yang belum dipahami terkait dengan penyusunan silabus
4.   memfasilitasi dan memberikan ruang kreaif kepada guru untuk  menyusun silabus sesuai dengan kebutuhan kelas dimana belaiau bertugas

TANYA:
Jelaskan konsep dasar pembelajaran tematik terpadu?
JAWAB:
Pembelajaran tematik merupakan salah satu model pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi peserta didik. Pembelajaran terpadu didefinisikan sebagai pembelajaran yang menghubungkan berbagai gagasan, konsep, keterampilan, sikap, dan nilai baik antar mata pelajaran maupun dalam satu mata pelajaran

TANYA:
Tuliskan ciri khas dari pembelajaran tematik?
JAWAB:
Pembelajaran tematik memiliki ciri khas antara lain:
1.   Pengalaman dan kegiatan belajar relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan anak usia sekolah dasar;
2.   Kegiatan-kegiatan yang dipilih dalam pelaksanaan pembelajaran tematik bertolak dari minat dan kebutuhan peserta didik;
3.   Kegiatan belajar dipilih yang bermakna dan berkesan bagi peserta didik sehingga hasil belajar dapat bertahan lebih lama;
4.   Memberi penekanan pada keterampilan berpikir peserta didik;
5.  Menyajikan kegiatan belajar yang bersifat pragmatis sesuai dengan permasalahan yang sering ditemui peserta didik dalam lingkungannya; dan
6.  Mengembangkan keterampilan sosial peserta didik, seperti kerjasama, toleransi, komunikasi, dan tanggap terhadap gagasan orang lain

TANYA:
Tuliskan langkah-langkah merancang pembelajaran tematik terpadu?
JAWAB:
1.   Menentukan Tema dalam Satu Tahun Ajaran
2.   Menyusun Indikator pada Setiap Kompetensi Dasar dari setiap mata pelajaran
3.   Memetakan kompetensi dasar dari semua mata pelajaran dalam satu tahun pelajaran
4.   Membuat Jaringan Tema
5.   Membagi jaringan tema menjadi subtema
6.   Membagi jaringan subtema menjadi jaringan harian
7.   Menyiapkan Materi Pembelajaran

TANYA:
Bagaimana cara menyusun jadwal pembelajaran tematik terpadu?
JAWAB:
1.   Membentuk tim penyusun jadwal pembelajaran tematik terpadu yang  terdiri  dari guru kelas dan guru mapel
2.   Menyiapkan kalender pendidikan
3.   Menghitung Jumlah hari efektif
4.   Menghitung jumlah Tema, Sub tema, dan PB
5.   Menyusun kegiatan harian dan sub tema untuk satu minggu
TANYA:
Jelaskan cara menentukan KKM mata pelajaran!
JAWAB:
Cara yang dilakukan Satuan pendidikan dalam menentukan KKM adalah;
1.   Menentukan KKM Mata pelajaran
a.   berdasarkan pada KD yang diajarkan pada satu tahun pelajaran (KD pengetahuan dan keterampilan) dengan mempertimbangkan 3 aspek yaitu; komplesitas, intake dan kondisi satuan dengan skala 0-100.
b.   menghitung rata-rata per KD berdasarkan 3 tersebut.
c.   KKM mata pelajaran diperoleh melalui rata-rata KD satu tahun pelajaran
2.   KKM satuan pendidikan
Diperoleh melalui KKM terendah pada mata pelajaran dari KKM semua jenjang kelas
Download:
Buku Manajemen Implementasi Kurikulum 2013

Masukkan E-Mail Anda:

0 Tanggapan "Tanya Jawab Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2018"

Post a Comment