Contoh SK Kepengurusan KKG Di Gugus Sekolah | SDN Ciwangi Purwakarta
..:: Selamat Datang Peserta Didik Baru Di Sekolah TASBIH (Taqwa, Aman, Santun, Bersih, Indah, Hijau) ::..

Contoh SK Kepengurusan KKG Di Gugus Sekolah

Pengembangan sumber daya manusia pendidik, khususnya pengembangan profesional guru, merupakan usaha mempersiapkan guru agar memiliki berbagai wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan memberikan rasa percaya diri untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai petugas profesional. Pengembangan atau peningkatan kemampuan profesional harus bertolak pada kebutuhan atau permasalahan nyata yang dihadapi oleh guru, agar bermakna.

Guru sebagai personil pendidikan merupakan salah satu personil aparatur negara yang langsung berhubungan dengan murid dalam proses belajar mengajar, dituntut mampu menciptakan iklim sekolah yang kondusif yang mencerminkan proses interaksi belajar mengajar yang baik, dimana murid sebagai subjek dan objek didik dituntut aktivitasnya dan respon oleh guru sebagai seorang fasilitator yang berjiwa juang tinggi. Tidaklah berlebihan kalau dikatakan bahwa masa depan masyarakat, bangsa dan negara, sebagian besar ditentukan oleh guru. Oleh sebab itu, profesi guru perlu dikembangkan secara terus menerus dan proporsional menurut jabatan fungsional guru.

Konsekuensi dari jabatan guru sebagai profesi, diperlukan suatu sistem pembinaan dan pengembangan terhadap profesi guru secara terprogram dan berkelanjutan. Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) merupakan salah satu kegiatan yang dirancang untuk mewujudkan terbentuknya guru yang profesional.

Selain untuk memperoleh kondisi seperti itu kepala sekolah sebagai pemimpin sekolah dituntut pula agar dapat memotovasi guru dalam meningkatkan perfonmance kerjanya serta dapat melakukan penilaian kinerja guru di sekolahnya. Sejalan dengan tuntutan itu, kepala sekolah lebih profesional dalam meningkatkan kinerja mutu pendidikan yang lebih baik serta harus memahami prosedur pelaksanaan penilaian kinerja guru dan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Baca Juga: Supervisi Pembelajaran Di SD

Guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan perangkat pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran. Pembelajaran berbasis proyek/produk, terintegrasi dengan memanfaatkan sumber-sumber belajar di lingkungan. Melalui wadah KKKS dan KKG di Gugus Sekolah hal tersebut dapat diciptakan dan saling berbagi praktik baik, serta adaptif dengan tantangan situasi saat ini.

Download:
Contoh SK Kepengurusan KKG Di Gugus Sekolah
Anggaran Dasar KKG

Masukkan E-Mail Anda:

0 Tanggapan "Contoh SK Kepengurusan KKG Di Gugus Sekolah"

Post a Comment