Branding Sekolah | SDN Ciwangi Purwakarta
..:: Selamat Datang Peserta Didik Baru Di Sekolah TASBIH (Taqwa, Aman, Santun, Bersih, Indah, Hijau) ::..

Branding Sekolah

SDN Ciwangi Purwakarta
Apakah sekolah Anda sudah memiliki ‘branding’? Apakah ‘branding’ sekolah Anda? Mengapa memilih ‘branding’ itu?
1.  Sekolah yang berkualitas memiliki identitas berupa ‘branding’.
2.  Mendikbud dalam menginginkan agar setiap sekolah memiliki branding yang unik dan khas.
3.  Branding menunjukkan kekuatan dan keunggulan sekolah berdasarkan potensi lingkungan, peluang yang ada, dukungan staf, orang tua dan masyarakat.
4.  Branding sekolah dapat dikaitkan pilihan prioritas nilai dalam nilai-nilai utama PPK didukung dengan jalinan nilai-nilai lain

Mendesain branding sekolah sebagai ciri khas yang diunggulkan sekolah sesuai dengan nilai-nilai utama karakter.  Branding adalah keunikan, kekhasan, dan keunggulan sekolah yang membedakan sekolah satu dengan sekolah yang lainnya.  Branding yang baik mengacu pada pembentukan nilai-nilai utama tertentu yang menjadi prioritas sekolah.
Aspek-apek yang akan difokuskan Pengembangan Kapasitas Guru dalam PPK adalah:
1)    Tindak lanjut apa yang akan saudara lakukan di sekolah terhadap hasil-hasil kegiatan Pengembangan Kapasitas Guru dalam menerapkan PPK ini?
2)    Branding sekolah seperti apa yang ingin saudara kembangkan di sekolah? Tulislah branding sekolah secara ringkas dan padat.
3)    Bila sekolah saudara sudah mempunyai branding, uraikan makna branding tersebut. Apakah branding  lama tersebut akan diubah? Dan apa alasan perubahan tersebut?
4)    Nilai utama apa yang akan dijadikan sebagai basis utama (sebagai prioritas) PPK di sekolah saudara? Apaalasannya memilih nilai utama itu?
5)    Bila lebih dari satu nilai, apa yang akan dilakukan sekolah untuk mengintegrasikan nilai-nilai utama, serta keterkaitannya dengan nilai-nilai karakter lainnya dalam pembelajaran kurikulum (intrakurikuler)?
6)    Dalam rangka memperkuat pembentukan karakter siswa di sekolah melalui kegiatan pembelajaran, metode dan materi apa yang dapat saudara pakai untuk mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran? serta bagaimana saudara mengembangkannya?
7)    Dalam rangka memperkuat pembentukan karakter siswa di sekolah, kegiatan-kegiatan ekstra-kurikuler apa yang telah dimiliki sekolah secara integratif (dikelola di internal sekolah) dan yang kolaboratif (dikelola oleh mitra sekolah)?
8)    Adakah rencana/ide untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan ekstra-kurikuler baru yang akan dilaksanakan baiksecara integratif dan/atau kolabaratif? Sebutkan kegiatan ekstra-kurikuler tersebut.
9)    Kolaborasi apa yang saudara lakukan untuk lebih memperkuat pelibatan orang tua dalamPPK? Kapan momentumnya, segmen orang tua mana yang akan dilibatkan, danuntuktujuanapa?
10) Program apa yang telah dan akan dilakukan   sekolah untuk melibatkan komunitas sebagai sumber belajar peserta didik pada PPK berbasis Komunitas?Uraikan komunitas apa, di mana, untuk segmen siswa yang mana, untuk tujuan apa, dan bagaimana bentuk kerjasamanya?

Komponen-komponen dalam menyusun branding sekolah:
a.     Visi Sekolah
b.     Misi Sekolah
c.     Nilai-nilai inti (core value) sekolah
d.     Potensi lingkungan
e.     Keunikan (ciri khas) sekolah
f.      Keunggulan sekolah
g.     Kekuatan sekolah
h.     Branding sekolah yang dipilih
i.       Alasan pemilihan branding
j.       Nilai-nilai utama karakter yang diprioritaskan dalam branding sekolah

Masukkan E-Mail Anda:

1 Response to "Branding Sekolah"

  1. Sekolah yang memiliki Branding adalah gambaran nyata dari suasana kerja yang dimiliki sekolah baik secara psikhis maupun secara jasmani warga sekolah.

    ReplyDelete