Apakah sekolah Anda sudah memiliki ‘branding’? Apakah ‘branding’
sekolah Anda? Mengapa memilih ‘branding’ itu?
1. Sekolah
yang berkualitas memiliki identitas berupa ‘branding’.
2. Mendikbud
dalam menginginkan agar setiap sekolah memiliki branding yang unik dan khas.
3. Branding
menunjukkan kekuatan dan keunggulan sekolah berdasarkan potensi
lingkungan, peluang yang ada, dukungan staf, orang tua dan masyarakat.
4. Branding
sekolah dapat dikaitkan pilihan prioritas nilai dalam nilai-nilai utama
PPK didukung dengan jalinan
nilai-nilai lain
Mendesain
branding sekolah sebagai ciri khas yang diunggulkan sekolah sesuai
dengan nilai-nilai utama karakter. Branding adalah keunikan, kekhasan, dan keunggulan sekolah yang membedakan sekolah satu dengan
sekolah yang lainnya. Branding yang baik mengacu pada pembentukan nilai-nilai utama tertentu yang
menjadi prioritas sekolah.
Aspek-apek yang akan difokuskan Pengembangan Kapasitas Guru
dalam PPK adalah:
1) Tindak lanjut apa yang akan saudara lakukan di
sekolah terhadap hasil-hasil kegiatan Pengembangan Kapasitas Guru dalam menerapkan
PPK ini?
2) Branding sekolah seperti
apa yang ingin saudara kembangkan di sekolah? Tulislah branding sekolah secara ringkas dan padat.
3) Bila sekolah saudara sudah mempunyai branding, uraikan makna branding tersebut. Apakah branding lama tersebut akan diubah? Dan apa alasan perubahan
tersebut?
4) Nilai utama apa yang akan dijadikan sebagai
basis utama (sebagai prioritas) PPK di sekolah saudara? Apaalasannya memilih nilai
utama itu?
5) Bila lebih dari satu nilai, apa yang akan dilakukan
sekolah untuk mengintegrasikan nilai-nilai utama, serta keterkaitannya dengan nilai-nilai
karakter lainnya dalam pembelajaran kurikulum (intrakurikuler)?
6) Dalam rangka memperkuat pembentukan karakter
siswa di sekolah melalui kegiatan pembelajaran, metode dan materi apa yang
dapat saudara pakai untuk mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam
pembelajaran? serta bagaimana saudara mengembangkannya?
7) Dalam rangka memperkuat pembentukan karakter siswa
di sekolah, kegiatan-kegiatan ekstra-kurikuler apa yang telah dimiliki sekolah secara
integratif (dikelola di internal sekolah) dan yang kolaboratif (dikelola oleh mitra
sekolah)?
8) Adakah rencana/ide untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan
ekstra-kurikuler baru yang akan dilaksanakan baiksecara integratif dan/atau kolabaratif?
Sebutkan kegiatan ekstra-kurikuler tersebut.
9) Kolaborasi apa yang saudara lakukan untuk lebih
memperkuat pelibatan orang tua dalamPPK? Kapan momentumnya, segmen orang tua
mana yang akan dilibatkan, danuntuktujuanapa?
10) Program apa yang telah dan akan dilakukan sekolah untuk melibatkan komunitas sebagai sumber
belajar peserta didik pada PPK berbasis Komunitas?Uraikan komunitas apa, di mana,
untuk segmen siswa yang mana, untuk tujuan apa, dan bagaimana bentuk kerjasamanya?
Komponen-komponen dalam menyusun branding sekolah:
a. Visi Sekolah
b. Misi Sekolah
c. Nilai-nilai inti (core value) sekolah
d. Potensi
lingkungan
e. Keunikan (ciri khas) sekolah
f. Keunggulan sekolah
g. Kekuatan sekolah
h. Branding sekolah yang dipilih
i.
Alasan
pemilihan branding
j. Nilai-nilai utama karakter yang
diprioritaskan dalam branding sekolah
Sekolah yang memiliki Branding adalah gambaran nyata dari suasana kerja yang dimiliki sekolah baik secara psikhis maupun secara jasmani warga sekolah.
ReplyDelete