Contoh POS US 2020 Yang Dibuat Oleh Sekolah Merdeka Belajar | SDN Ciwangi Purwakarta
..:: Selamat Datang Peserta Didik Baru Di Sekolah TASBIH (Taqwa, Aman, Santun, Bersih, Indah, Hijau) ::..

Contoh POS US 2020 Yang Dibuat Oleh Sekolah Merdeka Belajar

Prosedur Operasi  Standar (POS) Ujian Sekolah (US) di UPTD SDN Ciwangi Tahun Pelajaran 2019/2020 ini diterbitkan sebagai salah satu pedoman dalam memahami, menjabarkan, dan menindaklanjuti peraturan penyelenggaraan Ujian Sekolah yang telah diatur oleh pemerintah c.q. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang dalam hal ini adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian Yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan Dan Ujian Nasional.

Sesuai dengan peraturan yang berlaku, penyelenggaraan Ujian Sekolah sesungguhnya menjadi kewenangan sekolah masing-masing termasuk di UPTD SDN Ciwangi. Oleh karena itu, keberadaan POS Ujian Sekolah ini diposisikan untuk membantu menjabarkan peraturan tersebut secara lebih operasional. Maka keberadaan POS US ini akan makin memperkaya khazanah pemahaman semua pihak terkait, sehingga penyelenggaraan US akan lebih proporsional dan akuntabel, mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian Yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan Dan Ujian Nasional.

Terkait dengan Ujian Sekolah pada jenjang SD Tahun Pelajaran 2019/2020 penyelenggaraannya berbeda dibanding dengan tahun sebelumnya. Ujian yang diselenggarakan di satuan pendidikan mencakup semua mata pelajaran yang bertujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan sesuai dengan kurikulum yang berlaku berbentuk: a) portofolio; b) penugasan; c) tes tertulis; dan/atau d) bentuk kegiatan lain yang ditetapkan Satuan Pendidikan sesuai dengan kompetensi yang diukur berdasarkan Standar Nasional Pendidikan.

Ketentuan mengenai jumlah soal dan alokasi waktu ujian, jadwal rinci pelaksanaan ujian dan lain-lain, pada dasarnya sepenuhnya merupakan kewenangan sekolah/madrasah. Hal-hal yang disajikan dalam POS ini, dapat disesuaikan dengan kondisi sekolah/madrasah sepanjang tidak bertentangan atau menyimpang dari peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Download: 
POS US 2019/2020 (Pdf)
POS US 2019/2020 (Ms. Word)

Masukkan E-Mail Anda:

0 Tanggapan "Contoh POS US 2020 Yang Dibuat Oleh Sekolah Merdeka Belajar"

Post a Comment