Foto: Sosialisasi Pendidikan Karakter Berbasis Tri Sentra Pendidikan dengan Stakeholder Eksternal |
Kegiatan Sehari-Hari
1.
Bangun pagi jam 04.00 - 05.00
2.
Merapikan tempat tidur
3.
Mandi
4.
Sarapan
5.
Menyiapkan dan merapikan perlengkapan sekolah
6.
Berangkat ke sekolah
7.
Membawa bekal makanan ke sekolah
8.
Membantu orang tua di rumah
Ketaatan Beribadah
1. Muslim
a. Sholat Dzuhur (Sholat Jum’at)
b. Sholat Ashar
c. Sholat Maghrib
d. Sholat Isya
e. Sholat Shubuh
f. Puasa Senin & Kamis
g. Tadarus Al-Qur’an
2. Non Muslim
a.
…………………………
b.
…………………………
c.
…………………………
d.
…………………………
Budaya Literasi
a. Belajar di rumah
b. Membaca buku (min 30 menit)
c. ……………………………...
d. ……………………………...
Kecakapan Hidup Harian
a. Mengurus tanaman
b. Memelihara hewan ternak/peliharaan
c. Memasak/membantu pekerjaan di dapur
Kecakapan Hidup Mingguan
a. Pembelajaran vokasional
b. Hasta karya lainnya
Kegiatan Harian
1. Pembiasaan 3S
2. Membawa bekal makanan (rantang)
3. Masuk sekolah tepat waktu
4. Pulang sekolah tepat waktu
5. Berdoa di awal pembelajaran
6. Berdoa di akhir pembelajaran
7. Pembiasaan literasi
8. Shalat Dhuha
9. Menabung
10. Program kresek ajaib
11.
…………………………...
Kegiatan Mingguan
1. Upacara Bendera
2. Puasa sunnah Senin & Kamis atau peribadatan lain
sesuai agama yang dianut siswa
3. Dzikir dan Kuliah Jum’at Pagi atau peribadatan lain
sesuai agama yang dianut siswa
4. Berinfaq
5. Kegiatan ekstrakurikuler
6. Melaksanakan piket kelas
7. Beas kaheman
8. Jum’at Bersih
9. Shalat Jum’at
C. Pembiasaan di Lingkungan Masyarakat
Kegiatan Harian
1. Sopan ketika bersikap dan bertutur kata dalam pergaulan
2. Tertib Beribadah
a. Muslim: Shalat Berjama’ah di Masjid/Mushola
b. Non Muslim: ……………
c. ………………………….......
3. Aktivitas pada komunitas Keagamaan
a. Muslim: Pengajian di
DKM/DTA/DTW/Majelis Ta’lim
b. Non Muslim: ……………
c. ………………………….......
Kegiatan Insidental
1. Mengikuti Peringatan Hari Besar Keagamaan/Hari Besar
Nasional
2. Kerja Bakti
3. Kegiataan Keolahragaan
4. Kegiatan Kesenian
5. Kelas Inspirasi
Pedoman Penskoran
1. Melaksanakan
diberi skor 1;
2. Tidak
melaksanakan diberi skor 0;
3. Skor
dihitung setiap minggu oleh guru kelas atau petugas khusus yang dibentuk oleh
pihak sekolah;
4. Untuk
mengisi kolom skor menggunakan rumus (Skor yang diperoleh / skor maksimal) x 100
5. Hasil
penghitungan dikonversi dalam bentuk predikat A/B/C/D, dengan rentang sebagai
berikut:
a.
86 – 100 = Baik sekali (A)
b.
76 – 85 = Baik (B)
c.
61 – 75 = Cukup (C)
d.
00 – 60 = Kurang (D)
Cover Buku Kendali |
Download Format:
0 Tanggapan "Buku Kendali Pendidikan Karakter Berbasis Tri Sentra Pendidikan"
Post a Comment