PPPPTK Matematika mengadakan
ONIP Matematika 2018 – “Minds are like parachutes; they only function when open” (Thomas Dewar)
–
TEMA
Pengembangan inovasi pembelajaran matematika dalam rangka
mempersiapkan kecakapan abad 21
TUJUAN
1. Menggali ide/gagasan dan mengimplementasikan
inovasi media pembelajaran khususnya untuk mata pelajaran matematika dalam
rangka menyiapkan generasi yang memiliki kompetensi abad 21.
2. Menyediakan wahana bagi guru dalam peningkatan keprofesian
berkelanjutan.
Sasaran Peserta
Guru Kelas SD
atau Guru Matematika SMP, SMA, SMK atau yang sederajat di Indonesia.
RUANG LINGKUP PRODUK INOVASI
Produk yang
dilombakan dapat berupa:
1. multimedia
pembelajaran berbasis TIK (Komputer/Handphone /Kalkulator)
2. alat
peraga matematika
Produk inovasi diharapkan dapat bermanfaat untuk
membantu pemahaman konsep atau penguatan konsep matematika dan mengasah
kompetensi abad 21 yang meliputi :
a. keterampilan
belajar dan berinovasi, yaitu keterampilan berkreasi dan berinovasi, berpikir
kritis dan menyelesaikan masalah, berkomunikasi dan berkolaborasi.
b. keterampilan
teknologi informasi dan media, yaitu literasi informasi, literasi media, dan
literasi ICT.
c. keterampilan
hidup dan karir, yaitu kemampuan untuk bersikap fleksibel dan beradaptasi,
inisiatif dan mengarahkan diri sendiri, keterampilan sosial dan antar budaya,
akuntabel dan produktif, kepemimpinan dan tanggung jawab.
Produk inovasi
harus sesuai dengan jenjang mengajar peserta Bentuk produk inovasi meliputi:
1. Pengembangan
multimedia pembelajaran berbasis TIK. Produk multimedia pembelajaran berbasis
TIK dapat berupa media bantu mengajar di kelas atau media belajar mandiri.
1) Untuk
produk media bantu mengajar di kelas (misal bahan tayang PowerPoint, atau media
interaktif seperti GeoGebra, dan lain-lain) wajib menyertakan:
a. RPP
lengkap (minimal untuk satu pertemuan) dengan menggunakan produk inovasi
tersebut.
b. Video
simulasi penerapan pembelajaran pada siswa menggunakan multimedia tersebut.
2) Untuk
produk berupa media belajar mandiri wajib menyertakan:
a. Panduan
penggunaan media belajar mandiri yang divideokan (dapat menggunakan screencast
atau lainnya).
b. Penugasan/project yang diberikan pada siswa
untuk mengukur pencapaian yang diperoleh melalui proses belajar mandiri yang
dilakukan menggunakan media tersebut. Kelengkapan project siswa harus tercantum
dengan jelas (penjelasan project, lembar kerja siswa, rubrik penilaian project,
dan lain-lain).
Contoh : Pengembangan Media PIPEDI (Pita Pecahan Dinamis)
menggunakan GeoGebra
2. Pengembangan
alat peraga matematika
1) Produk
alat peraga matematika dapat berupa produk orisinal atau modifikasi dari alat
peraga yang pernah dikembangkan sebelumnya.
2) Produk
alat peraga matematika wajib menyertakan:
a. RPP
lengkap (minimal untuk satu pertemuan) dengan menggunakan produk inovasi
tersebut.
b. Video
simulasi penerapan pembelajaran pada siswa dalam menggunakan alat peraga
matematika tersebut.
Contoh : Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran
Debit Air Bagi Siswa SD
KRITERIA PRODUK
1. Asli,
belum pernah memenangkan lomba/kompetisi sejenis di tingkat kabupaten/kota,
regional nasional atau internasional.
2. Inovatif,
hasil pengembangan dari yang belum ada atau modifikasi (jika berupa modifikasi
wajib menuliskan pada laporan terkait bentuk modifikasi dan urgensi modifikasi,
serta dari mana asal produk asli sebagai dasar pengembangan).
3. Materi/isi
merupakan materi pembelajaran matematika yang diajarkan di sekolah, namun untuk
kepentingan simulasi tidak harus menyesuaikan dengan semester pelaksanaan.
4. Merupakan
hasil karya individu.
5. Karya
dibuat dalam 2 tahun terakhir.
6. Satu
peserta hanya diijinkan mengirimkan satu produk
KELENGKAPAN PENGIRIMAN
1. Produk
Inovasi beserta seluruh komponennya (dapat dibaca pada bagian ruang lingkup
produk inovasi)
2. File/printout
naskah laporan (format terlampir)
3. File
biodata peserta (format terlampir)
4. File
hasil scan/print out ijin Kepala Sekolah (format terlampir)
5. File
hasil scan/print out surat pernyataan keaslian produk (format terlampir)
6. File
poster produk (dapat dibuat menggunakan software pengolah kata misal Office,
atau software apapun) yang memuat foto dan profil singkat pengembang,
foto/capture screen produk inovasi, dan tagline (kalimat) singkat tentang produk.
Kelengkapan
produk dapat dikirim melalui pos dalam bentuk CD/DVD/Flash disk dan dokumen
hardcopy ke Panitia ONIP d.a.
PPPPTK
Matematika Jl. Kaliurang KM 6 Condongcatur, Depok, Sleman, DIY, Kodepos 55283 ;
atau berupa
file melalui email onip@p4tkmatematika.org. Seluruh kelengkapan agar dijadikan dalam
bentuk satu file .zip/.rar dan diemail dengan subjek email NAMA_INSTANSI_NAMAPRODUK.
Apabila ukuran
file melebihi batas maksimal pengiriman email, dapat memanfaatkan fasilitas cloud
storage (OneDrive, GoogleDrive, Dropbox, atau lainnya) kemudian membagikan link
file melalui alamat email di atas.
Untuk
pengiriman melalui pos, peserta tetap diwajibkan mengirim kelengkapan nomor 2,
3, 5 dan 6 melalui email.
Khusus untuk
produk inovasi alat peraga matematika, untuk kepentingan desk evaluation tidak
perlu mengirimkan alat peraga matematika, namun dalam kelengkapan produk harus
terdapat foto detail bentuk fisik alat peraga /video penjelasan tentang alat.
JADWAL
a. Pengiriman
Produk dan Seleksi Awal (paling lambat diterima panitia 8 Oktober 2018)
b. Desk
Evaluation Produk Inovasi (10 Oktober - 19 Oktober 2018)
c. Pengumuman
Calon Peserta Workshop Final (22 Oktober 2018)
d. Workshop
Penilaian Final (29 Oktober - 2 November 2018)
ALUR KEGIATAN
1. Pengiriman
Produk (max 20 Oktober 2018)
2. Lengkap?/Absah?
Produk yang tidak sesuai dengan
ketentuan ONIP, tidak lengkap dan tidak absah akan dinyatakan gugur.
3. Desk
Evaluation
Evaluasi berdasarkan:
1) Relevansi
2) Kebermanfaatan
3) Kebaharuan
4) Orisinilitas
5) Keilmiahan
6) Kelayakan Seluruh Komponen Produk
4. Best
30?
5. Workshop
Penilaian Final (Dilaksanakan Di PPPPTK Matematika)
0 Tanggapan "Ayo! Ikut ONIP (Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran) Matematika Tahun 2018"
Post a Comment