Sebentar
lagi semester II (genap) tahun pelajaran 2016/2017 akan memasuki pertengahan,
Sesuai kalender pendidikan, maka setiap Guru bersiap-siap melaksanakan
Penilaian Tengah Semester (PTS).
Penilaian
Tengah Semester (PTS) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk
mengukur pencapaian kompetensi dasar peserta didik setelah melaksanakan
kegiatan pembelajaran selama 8-9 minggu. Cakupan penilaian tengah semester
meliput seluruh KD pada periode tersebut. Penilaian tengah semester
dilaksanakan setelah menyelesaikan separuh dari jumlah tema dalam satu semester
atau setelah 8-9 minggu belajar efektif. PTS berbentuk tes tulis dan berfungsi
untuk perbaikan pembelajaran selama setengah semester serta sebagai salah satu
bahan pengolahan nilai rapor.
Soal
atau instrumen PTS disusun berdasarkan muatan pelajaran sesuai dengan KD yang
dirakit secara terintegrasi. Nilai pengetahuan yang diperoleh dari PTS (NPTS)
merupakan nilai tengah semester dan penulisannya menggunakan angka pada rentang
0-100.
Penilaian
Akhir Semester (PAS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian
kompetensi peserta didik di akhir semester ganjil. Cakupan PAS meliputi seluruh
KD pada semester ganjil. Penilaian akhir tahun (PAT) adalah kegiatan yang
dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester
genap. Cakupan PAT meliputi seluruh KD pada semester genap.
Penilaian
akhir semester (PAS) dan penilaian akhir tahun (PAT) dilaksanakan setelah
menyelesaikan seluruh tema dalam satu semester belajar efektif. Penilaian akhir
semester/tahun untuk aspek pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tertulis
yang berfungsi untuk mengukur pencapaian hasil pembelajaran selama satu
semester serta sebagai salah satu bahan pengisian rapor.
Instrumen
penilaian akhir semester/tahun untuk aspek pengetahuan disusun berdasarkan
muatan pelajaran sesuai dengan karakteristik KD. Nilai dari penilaian akhir
semester ditulis NPAS dan nilai dari penilaian akhir tahun ditulis NPAT.
Penulisan nilai NPAS dan NPAT menggunakan angka pada rentang 0-100.
Penyusunan Jadwal PTS dan PAS
Berikut
ini contoh penjadwalan PTS dan PAS, pendidik dapat menyusun sesuai dengan
kalender pendidikan sekolah.
Baca Juga:
Contoh Jadwal PTS
Penilaian
tengah semester dilaksanakan setelah pembelajaran Tema 1 dan Tema 2 selesai
(untuk kelas I) atau setelah Pembelajaran Tema 1, Tema 2, dan Tema 3 selesai
(untuk kelas IV). Sebelum menyusun soal-soal tes tertulis, guru perlu membuat
kisi-kisi soal. Apabila tes tertulis untuk KD satu mata/muatan pelajaran,
soal-soal dibuat per mata/muatan pelajaran. Soal-soal tes tertulis dapat juga
dibuat terpadu untuk beberapa muatan pelajaran.
Pelaksanaan
penilaian tengah semester diatur sesuai jadwal berdasarkan tema dan muatan
pelajaran. Contoh jadwal penilaian tengah semester adalah sebagai berikut:
A. Kelas
1, 2, dan 3
Hari ke-1 = Tema 5
Hari ke-2 = Tema 6
No
|
Hari, Tanggal
|
Jam
|
Tema
|
Muatan
Mapel
|
1.
|
Senin,
.... Maret 2017
|
ke-1
|
5
|
PPKn
Bahasa
Indonesia
|
ke-2
|
5
|
Matematika
SBdP
PJOK
|
||
2.
|
Selasa,
.... Maret 2017
|
ke-1
|
6
|
PPKn
Bahasa
Indonesia
|
ke-2
|
6
|
Matematika
SBdP
PJOK
|
Catatan:
Mata Pelajaran Agama dan Budi
Pekerti dijadwalkan sesuai dengan kondisi satuan pendidikan
B. Kelas
4, 5, dan 6
Hari
ke-1 = Tema 6
Hari
ke-2 = Tema 7
Hari
ke-3 = Tema 8
No
|
Hari, Tanggal
|
Jam
|
Tema
|
Muatan
Mapel
|
1.
|
Senin,
.... Maret 2017
|
ke-1
|
6
|
PPKn
Bahasa
Indonesia
IPA
PJOK
|
ke-2
|
6
|
Matematika
SBdP
IPS
|
||
2.
|
Selasa,
.... Maret 2017
|
ke-1
|
7
|
PPKn
Bahasa
Indonesia
IPA
PJOK
|
ke-2
|
7
|
Matematika
SBdP
IPS
|
||
3.
|
Rabu,
.... Maret 2017
|
ke-1
|
8
|
PPKn
Bahasa
Indonesia
IPA
PJOK
|
ke-2
|
8
|
Matematika
SBdP
IPS
|
Catatan:
Mata Pelajaran Agama dan Budi
Pekerti dijadwalkan sesuai dengan kondisi satuan pendidikan
Sebelum dilaksanakannya PTS, Guru diharapkan dapat mengembangkan
instrumen penilaian, perakitan dan uji coba instrumen, analisis kuantitatif,
interpretasi analisis, dan penetapan instrumen penilaian.
0 Tanggapan "Membuat Jadwal PTS, PAS, dan PAT Terbaru"
Post a Comment