Membuat Jadwal PTS, PAS, dan PAT Terbaru | SDN Ciwangi Purwakarta
..:: Selamat Datang Peserta Didik Baru Di Sekolah TASBIH (Taqwa, Aman, Santun, Bersih, Indah, Hijau) ::..

Membuat Jadwal PTS, PAS, dan PAT Terbaru

Sebentar lagi semester II (genap) tahun pelajaran 2016/2017 akan memasuki pertengahan, Sesuai kalender pendidikan, maka setiap Guru bersiap-siap melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS).

Penilaian Tengah Semester (PTS) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar peserta didik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran selama 8-9 minggu. Cakupan penilaian tengah semester meliput seluruh KD pada periode tersebut. Penilaian tengah semester dilaksanakan setelah menyelesaikan separuh dari jumlah tema dalam satu semester atau setelah 8-9 minggu belajar efektif. PTS berbentuk tes tulis dan berfungsi untuk perbaikan pembelajaran selama setengah semester serta sebagai salah satu bahan pengolahan nilai rapor.

Soal atau instrumen PTS disusun berdasarkan muatan pelajaran sesuai dengan KD yang dirakit secara terintegrasi. Nilai pengetahuan yang diperoleh dari PTS (NPTS) merupakan nilai tengah semester dan penulisannya menggunakan angka pada rentang 0-100.

Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester ganjil. Cakupan PAS meliputi seluruh KD pada semester ganjil. Penilaian akhir tahun (PAT) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap. Cakupan PAT meliputi seluruh KD pada semester genap.

Penilaian akhir semester (PAS) dan penilaian akhir tahun (PAT) dilaksanakan setelah menyelesaikan seluruh tema dalam satu semester belajar efektif. Penilaian akhir semester/tahun untuk aspek pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tertulis yang berfungsi untuk mengukur pencapaian hasil pembelajaran selama satu semester serta sebagai salah satu bahan pengisian rapor.

Instrumen penilaian akhir semester/tahun untuk aspek pengetahuan disusun berdasarkan muatan pelajaran sesuai dengan karakteristik KD. Nilai dari penilaian akhir semester ditulis NPAS dan nilai dari penilaian akhir tahun ditulis NPAT. Penulisan nilai NPAS dan NPAT menggunakan angka pada rentang 0-100.

Penyusunan Jadwal PTS dan PAS
Berikut ini contoh penjadwalan PTS dan PAS, pendidik dapat menyusun sesuai dengan kalender pendidikan sekolah.

Baca Juga:

Contoh Jadwal PTS
Penilaian tengah semester dilaksanakan setelah pembelajaran Tema 1 dan Tema 2 selesai (untuk kelas I) atau setelah Pembelajaran Tema 1, Tema 2, dan Tema 3 selesai (untuk kelas IV). Sebelum menyusun soal-soal tes tertulis, guru perlu membuat kisi-kisi soal. Apabila tes tertulis untuk KD satu mata/muatan pelajaran, soal-soal dibuat per mata/muatan pelajaran. Soal-soal tes tertulis dapat juga dibuat terpadu untuk beberapa muatan pelajaran.

Pelaksanaan penilaian tengah semester diatur sesuai jadwal berdasarkan tema dan muatan pelajaran. Contoh jadwal penilaian tengah semester adalah sebagai berikut:

A. Kelas 1, 2, dan 3
Hari ke-1    = Tema 5
Hari ke-2    = Tema 6

No
Hari, Tanggal
Jam
Tema
Muatan Mapel
1.
Senin, ....  Maret 2017
ke-1
5
PPKn
Bahasa Indonesia
ke-2
5
Matematika
SBdP
PJOK
2.
Selasa, ....  Maret 2017
ke-1
6
PPKn
Bahasa Indonesia
ke-2
6
Matematika
SBdP
PJOK
Catatan:
Mata Pelajaran Agama dan Budi Pekerti dijadwalkan sesuai dengan kondisi satuan pendidikan

B. Kelas 4, 5, dan 6
Hari ke-1    = Tema 6
Hari ke-2    = Tema 7
Hari ke-3    = Tema 8

No
Hari, Tanggal
Jam
Tema
Muatan Mapel
1.
Senin, ....  Maret 2017
ke-1
6
PPKn
Bahasa Indonesia
IPA
PJOK
ke-2
6
Matematika
SBdP
IPS
2.
Selasa, ....  Maret 2017
ke-1
7
PPKn
Bahasa Indonesia
IPA
PJOK
ke-2
7
Matematika
SBdP
IPS
3.
Rabu, ....  Maret 2017
ke-1
8
PPKn
Bahasa Indonesia
IPA
PJOK
ke-2
8
Matematika
SBdP
IPS
Catatan:
Mata Pelajaran Agama dan Budi Pekerti dijadwalkan sesuai dengan kondisi satuan pendidikan


Sebelum dilaksanakannya PTS, Guru diharapkan dapat mengembangkan instrumen penilaian, perakitan dan uji coba instrumen, analisis kuantitatif, interpretasi analisis, dan penetapan instrumen penilaian.  

Masukkan E-Mail Anda:

0 Tanggapan "Membuat Jadwal PTS, PAS, dan PAT Terbaru"

Post a Comment