Download RPP PAI Kurikulum 2013, Agenda Harian, dan Program Remidial | SDN Ciwangi Purwakarta
..:: Selamat Datang Peserta Didik Baru Di Sekolah TASBIH (Taqwa, Aman, Santun, Bersih, Indah, Hijau) ::..

Download RPP PAI Kurikulum 2013, Agenda Harian, dan Program Remidial

RPP PAI
Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Penilaian Proses Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan penilaian otentik (authentic assesment) yaang menilai kesiapan peserta didik, Proses, dan Hasil Belajar secara utuh. Pelaksanaan pembelajaran juga melaksanakan Program Remidial dan Program Pengayaan. Implementasi kurikulum akan sesuai dengan harapan apabila Guru mampu menyusun RPP serta melaksanakan dan memahami konsep penilaian autentik serta mmelaksanakannya.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru. RPP paling sedikit memuat: (1) Identitas Sekolah/Madrasah, Kelas/Semester, Tema dan subtema, Pembelajaran ke-; (2) Alokasi Waktu; (3) KI, KD, indikator pencapaian kompetensi; (4) Materi Pembelajaran; (5) Kegiatan Pembelajaran; (6) Penilaian; dan (7) Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar.

Setiap   guru   di   setiap   satuan   pendidikan   berkewajiban menyusun RPP untuk kelas di mana guru tersebut mengajar di SD/MI. Pengembangan RPP dilakukan sebelum awal semester atau awal tahun pelajaran dimulai, namun perlu diperbaharui sebelum pembelajaran dilaksanakan.


Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara mandiri dan/atau berkelompok di sekolah/madrasah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepala sekolah/madrasah.

Pengembangan RPP dapat juga dilakukan oleh guru secara berkelompok antarsekolah atau antarwilayah, dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh Dinas Pendidikan atau kantor Kementerian Agama setempat.

Berbagai prinsip dalam mengembangkan atau menyusun RPP adalah sebagai berikut.
1.       Setiap  RPP  harus secara  utuh  memuat  kompetensi  dasar sikap spiritual   (K dari  KI-1),   sosial   (KD   dari   KI-2), pengetahuan (KD dari KI-3), dan keterampilan (KD dari KI-4).
2.       Satu RPP dilaksanakan dalam satu kali pertemuan (satu hari).
3.       Memperhatikan perbedaan individu peserta didik.
RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
4.       Berpusat pada peserta didik.
Proses   pembelajaran   dirancang   dengan   berpusat   pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar, menggunakan pendekatan saintifik meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan.
5.       Berbasis konteks.
Proses pembelajaran yang menjadikan lingkungan sekitarnya sebagai sumber belajar.
6.       Berorientasi kekinian.
Pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan nilai-nilai kehidupan masa kini.
7.       Mengembangkan kemandirian belajar.
Pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk belajar secara mandiri.
8.       Memberikan umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran.
RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
9.       Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarkompetensi dan/atau antarmuatan.
RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan  antara KI, KD, indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman  belajar.  RPP  disusun dengan mengakomodasikan   pembelajaran   tematik,   keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
10.    Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Download:

Masukkan E-Mail Anda:

0 Tanggapan "Download RPP PAI Kurikulum 2013, Agenda Harian, dan Program Remidial"

Post a Comment