BUKU GURU
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PABP)
Silahkan UNDUH:
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PABP)
Kurikulum
2013 disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan
belajar aktif berdasarkan nilai-nilai budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini,
Pemerintah telah melakukan penyesuaian beberapa nama mata pelajaran, antara
lain, adalah mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Secara
khusus, dalam kurikulum 2013, disusunlah kompetensi inti. Kompetensi inti
adalah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik melalui kompetensi dasar yang
diorganisasi dalam pembelajaran integratif dan pendekatan pembelajaran siswa
aktif.
Kompetensi
inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan
yang dikembangkan ke dalam kompetensi dasar. Perubahan perilaku dalam
pengamalan ajaran agama dan budi pekerti menjadi perhatian utama.
Tujuan
penyusunan buku ini adalah untuk memberikan panduan bagi guru Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan
penilaian terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Dalam buku ini terdapat lima hal penting, yang perlu mendapat perhatian khusus,
yaitu:proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, dan interaksi antara
guru dan orang tua peserta didik.
Dengan demikian tujuan pembelajaran diharapkan dapat tercapai hasil optimal dan selaras dengan tujuan pendidikan nasional, yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.
Dengan demikian tujuan pembelajaran diharapkan dapat tercapai hasil optimal dan selaras dengan tujuan pendidikan nasional, yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.
- Buku Guru > Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1
- Buku Guru > Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 2
- Buku Guru > Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 3
- Buku Guru > Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4
- Buku Guru > Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 5
- Buku Guru > Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 6
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PABP)
Silahkan UNDUH:
Dalam
struktur ajaran Islam, pendidikan akhlak adalah yang terpenting. Penguatan
akidah adalah dasar. Sementara, ibadah adalah sarana, sedangkan tujuan akhirnya
adalah pengembangan akhlak mulia. Sehubungan dengan itu, Nabi saw, bersabda,
“Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya” dan
“Orang yang paling baik Islamnya adalah yang paling baik akhlaknya.” Dengan
kata lain, hanya akhlak mulia yang dipenuhi dengan sifat kasih sayang sajalah
yang bisa menjadi bukti kekuatan akidah dan kebaikan ibadah. Sejalan dengan
itu, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti diorientasikan pada pembentukan
akhlak yang mulia, penuh kasih sayang, kepada segenap unsur alam semesta.
Hal tersebut selaras dengan Kurikulum 2013 yang dirancang untuk mengembangkan kompetensi yang utuh antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Selain itu, peserta didik tidak hanya diharapkan bertambah pengetahuan dan wawasannya, tapi juga meningkat kecakapan dan keterampilannya serta semakin mulia karakter dan kepribadiannya atau yang berbudi pekerti luhur.
Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik dalam usaha memahami pengetahuan agamanya dan mengaktualisasikannya dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar.
Hal tersebut selaras dengan Kurikulum 2013 yang dirancang untuk mengembangkan kompetensi yang utuh antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Selain itu, peserta didik tidak hanya diharapkan bertambah pengetahuan dan wawasannya, tapi juga meningkat kecakapan dan keterampilannya serta semakin mulia karakter dan kepribadiannya atau yang berbudi pekerti luhur.
Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik dalam usaha memahami pengetahuan agamanya dan mengaktualisasikannya dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar.
Silahkan UNDUH:
- Buku Siswa > Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1
- Buku Siswa > Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 2
- Buku Siswa > Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 3
- Buku Siswa > Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4
- Buku Siswa > Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 5
- Buku Siswa > Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 6