Kelas Inspirasi, Program Unggulan Semesteran SDN Ciwangi | SDN Ciwangi Purwakarta
..:: Selamat Datang Peserta Didik Baru Di Sekolah TASBIH (Taqwa, Aman, Santun, Bersih, Indah, Hijau) ::..

Kelas Inspirasi, Program Unggulan Semesteran SDN Ciwangi

Sesuai dengan Permendikbud Nomor 30 Tahun 2017 tentang Pelibatan Keluarga Pada Penyelenggaraan Pendidikan, SDN Ciwangi menjadikan Kelas Inspirasi salah satu program unggulan PPK Berbasis Masyarakat.

Nama Program:
KELAS INSPIRASI

Rasional:
Kerjasama antara pihak sekolah dengan orang tua/wali siswa dalam memajukan pendidikan perlu dijaga sedekat dan seerat mungkin, misalnya dengan melibatkan orang tua/wali siswa dalam berbagi pengalaman dan melatih siswa pada aspek keterampilan. Pemberian ruang bagi orang tua/wali siswa tersebut dilaksanakan pada akhir semester I (ganjil) atau setelah berakhirnya seluruh proses akademik.

Tujuan:
Membimbing dan melatih siswa berdasarkan pengalaman dan profesi orang tua siswa.

Sasaran:
Siswa, orang tua

Waktu Pelaksanaan:
Setiap akhir semester I

Deskripsi Kegiatan:
Kelas inspirasi adalah kegiatan yang dilakukan di sekolah dengan menghadirkan orang tua yang berasal dari latar belakang profesi yang berbeda. Kelas inspirasi ini bisa diadakan satu kali dalam sebulan dengan menghadirkan para orang tua murid. Dalam kelas ini para orang tua dapat memperkenalkan profesi atau pekerjaan yang dilakukan serta memberikan motivasi kepada peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajar.

Parenting atau kelas orang tua merupakan kegiatan mengumpulkan para orang tua murid dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang tumbuh kembang anak hingga dewasa. Hal ini sangat penting agar para orang tua murid dapat memberikan bantuan yang tepat bagi percepatan tumbuh kembang anak sesuai dengan usianya masing-masing. Kegiatan parenting ini bisa berupa diskusi, ceramah, seminar, dan kegiatan lainnya dengan menghadirkan narasumber yang kompeten seperti psikolog atau pendidik.

Kelas inspirasi merupakan kegiatan proses transfer pengalaman kepada siswa yang dilakukan di dalam atau di luar kelas. Tutor atau narasumbernya adalah orang tua siswa.

Pengelolaan Kegiatan:
Masing-masing kelas membuat jadwal narasumber, jenis keterampilan misalnya: menganyam, membuat es kuwut, membuat bolu, membuat boneka, dan lain-lain.

Hasil Kegiatan:
Di akhir program, seluruh hasil karya dipamerkan pada bazaar kelas. Setelah selesai, kemudian dilanjutkan dengan pembagian rapor hasil pencapaian kompetensi siswa semester I.
Kendala/Hambatan:
Tidak semua orang tua berpartisipasi dalam program kelas inspirasi karena beragam pekerjaan dan kesibukan orang tua.

Pemecahan Masalah/Solusi:
Membuat jadwal lintas kelas untuk menjadi narasumber.

Evaluasi Kegiatan:
Jenis keterampilan yang berorientasi vokasi;
Pelibatan instansi pemerintah, misalnya: TNI, Polri, Dinas terkait, dan perusahaan/swasta.

Masukkan E-Mail Anda:

0 Tanggapan "Kelas Inspirasi, Program Unggulan Semesteran SDN Ciwangi"

Post a Comment