Abstrak
Penelitian ini difokuskan untuk
mengetahui peningkatan kinerja guru melalui Supervisi Akademik di SDN Ciwangi. Tujuan penelitian ini antara lain adalah: (1) Memperoleh gambaran
perencanaan Supervisi Akademik di SDN Ciwangi. (2) Memperoleh gambaran implementasi supervisi di
SDN Ciwangi (3) memperoleh gambaran
umpan balik supervisi di SDN Ciwangi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah dan guru SDN Ciwangi. Metode pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, focus group discussion, dan
dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari (1) reduksi data, (2) penyajian
data, dan (3) pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan
kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil
penelitian ini adalah (1) Perencanaan supervisi akademik berupa perencanaan
tujuan, sasaran, waktu, tempat, dan instrumen untuk pengembangan situasi
pembelajaran yang dilakukan guru di kelas. (2) Implementasi supervisi akademik
dilakukan dengan kunjungan kelas secara rutin, melakukan kegiatan yang
melibatkan guru dan siswa, pelaksanaan penataran kurikulum baru, penilaian
kinerja guru dan reward yang dijanjikan; (3) Umpan balik supervisi akademik
berupa pemberian penguatan, kepuasan, motivasi, kerja sama, intervensi memberi
bantuan didaktis atau bimbingan, supervisi terhadap diri sendiri dan diberi
pengetahuan tambahan. Tindak lanjut hasil supervisi akademik berupa penguatan,
meganalisis pencapaian tujuan pembelajaran, menganalisis target keterampilan
pembelajaran, menyimpulkan hasil dari apa yang diperolehnya selama supervisi
akademik, mendorong guru untuk merencanakan latihan-latihan, sekaligus
menetapkan rencana berikutnya.
Kata kunci: supervisi, pengelolaan,
pembelajaran.
Abstract
The research is focused to know
the increase teacher performance through Supervision Academic in SDN Ciwangi. His purpose among others, (1)
get a planning Supervision Academic in SDN Ciwangi. (2) Gain the image of
implementation supervision in SDN Ciwangi (3) get a feedback supervision in SDN Ciwangi. approach teh research uses an
approach qualitative research. The subject this research is the school
principal and teachers at SDN Ciwangi methods collection of data using observation, an
interview ,The focus group discussions, and documentation. Data analysis
techniques consists of (1) reduction data, (2) presentation data, and (3)
conclusions. The validity Test data using credibility, tranferabilitas,
konfirmabilitas and dependabilitas. This research is (1) Planning supervision
academic planning goals, time, place, and instrument for development has been
done by teachers learning situation in the classroom. (2) Implementation
supervision academic done with a visit to class regularly, carrying out
activities that involve teachers and students, the execution new curriculum,
upgrading performance evaluation teachers and reward promised; (3) feedback
form of providing a strengthening supervision academic, satisfaction,
cooperation, motivation intervention to help didaktis or guidance, supervision
for yourself and given further knowledge. A follow-up supervision result form
academic gains, with the objective analysis teaching, target analysis skills
learning, conclude the result of what he had acquired during supervision
academic, encourage teachers to planned exercise, as well as set next plan.
Keywords: supervision, management, learning
Latar Belakang
Studi pendahuluan di
SDN Ciwangi memperlihatkan bahwa perencanaan yang dilakukan kurang memperhatikan
kinerja tahun sebelumnya. Dinamika perkembangan pendidikan dan berbagai
perubahan di luar sekolah setiap saat mengalami perubahan. Oleh sebab itu
perencanaan yang disusun di tahun berikutnya harus ada perubahan yang lebih
baik dari tahun sebelumnya. Seiring dengan dinamika perkembangan pendidikan,
guru harus merubah perencanaan pengajaran setiap tahunnya. Peningkatan
pendidikan yang saat ini tercermin pada perkembangan teknologi, maka
perencanaan dan proses pembelajaran harus memanfaatkan teknologi.
Supervisi yang dilaksanakan
kepala sekolah terhadap guru di sekolah dasar terbiasa saling memberi dan
menerima. Hal ini tercermin dalam situasi keakraban, karena personalia di
sekolah dasar hanya sedikit. Untuk melaksanakan kegiatan supervisi, antara
kepala sekolah dan guru dapat membuat kesepakatan. Harapannya untuk dapat
menciptakan suasana yang menyenangkan dan kondusif. Kepala sekolah
bertanggungjawab memantau, membina, dan memperbaiki proses pembelajaran di
kelas atau di sekolah. Dalam meningkatkan dan memperbaiki proses pembelajaran,
salah satu tugasnya adalah melakukan supervisi. Di samping itu kepala sekolah
bertanggungjawab terhadap kualitas pembelajaran.
Perencanaan perlu dipersiapkan
dengan baik, dalam hal ini merancang apa, siapa, dimana, dan kapan. Keempat
rancangan tersebut dimunculkan melalui jadwal dan sudah dikomunikasikan secara
langsung kepada guru. Dalam catatan penulis beberapa hal yang konsisten antara
lain: (a) Perencanaan supervisi pembelajaran yang dipersiapkan secara matang;
(b) Pelaksanaan supervisi pembelajaran dilaksanakan dengan kesepakatan bersama
antara guru dengan kepala sekolah; (c) Umpan balik setelah kegiatan
pelaksanaan supervisi diimplementasikan dalam kegiatan intervensi memberi
bantuan dikdaktis dan pemberian bantuan pengetahuan tambahan bersama guru-guru
dalam satu gugus. Tindak lanjutnya berupa penguatan, menganalisis pencapaian
tujuan pembelajaran, menganalisis target keterampilan pembelajaran,
menyimpulkan hasil dari apa yang diperolehnya selama supervisi akademik,
mendorong guru untuk merencanakan latihan-latihan, sekaligus menetapkan rencana
berikutnya
Rumusan
Masalah
1. Bagaimana
perencanaan supervisi akademik untuk meningkatan kinerja guru di SDN Ciwangi?
2. Bagaimana
Implementasi supervisi akademik untuk meningkatan kinerja guru di SDN Ciwangi?
3. Bagaimana
umpan balik supervisi akademik untuk meningkatan kinerja guru di SDN Ciwangi?
Terimakasih, paling tidak telah memberi referensi dalam penyusunan PTS.
ReplyDelete