Penelitian Tindakan Sekolah (PTS): “Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik Di SDN Ciwangi” | SDN Ciwangi Purwakarta
..:: Selamat Datang Peserta Didik Baru Di Sekolah TASBIH (Taqwa, Aman, Santun, Bersih, Indah, Hijau) ::..

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS): “Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik Di SDN Ciwangi”

Abstrak
Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui peningkatan kinerja guru melalui Supervisi Akademik di SDN Ciwangi. Tujuan penelitian ini antara lain adalah: (1) Memperoleh gambaran perencanaan Supervisi Akademik di SDN Ciwangi. (2) Memperoleh gambaran implementasi supervisi di SDN Ciwangi (3) memperoleh gambaran umpan balik supervisi di SDN Ciwangi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah dan guru SDN Ciwangi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, focus group discussion, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan supervisi akademik berupa perencanaan tujuan, sasaran, waktu, tempat, dan instrumen untuk pengembangan situasi pembelajaran yang dilakukan guru di kelas. (2) Implementasi supervisi akademik dilakukan dengan kunjungan kelas secara rutin, melakukan kegiatan yang melibatkan guru dan siswa, pelaksanaan penataran kurikulum baru, penilaian kinerja guru dan reward yang dijanjikan; (3) Umpan balik supervisi akademik berupa pemberian penguatan, kepuasan, motivasi, kerja sama, intervensi memberi bantuan didaktis atau bimbingan, supervisi terhadap diri sendiri dan diberi pengetahuan tambahan. Tindak lanjut hasil supervisi akademik berupa penguatan, meganalisis pencapaian tujuan pembelajaran, menganalisis target keterampilan pembelajaran, menyimpulkan hasil dari apa yang diperolehnya selama supervisi akademik, mendorong guru untuk merencanakan latihan-latihan, sekaligus menetapkan rencana berikutnya.
Kata kunci: supervisi, pengelolaan, pembelajaran.

Abstract
The research is focused to know the increase teacher performance through Supervision Academic in SDN Ciwangi. His purpose among others, (1) get a planning Supervision Academic in SDN Ciwangi. (2) Gain the image of implementation supervision in SDN Ciwangi (3) get a feedback supervision in SDN Ciwangi. approach teh research uses an approach qualitative research. The subject this research is the school principal and teachers at SDN Ciwangi methods collection of data using observation, an interview ,The focus group discussions, and documentation. Data analysis techniques consists of (1) reduction data, (2) presentation data, and (3) conclusions. The validity Test data using credibility, tranferabilitas, konfirmabilitas and dependabilitas. This research is (1) Planning supervision academic planning goals, time, place, and instrument for development has been done by teachers learning situation in the classroom. (2) Implementation supervision academic done with a visit to class regularly, carrying out activities that involve teachers and students, the execution new curriculum, upgrading performance evaluation teachers and reward promised; (3) feedback form of providing a strengthening supervision academic, satisfaction, cooperation, motivation intervention to help didaktis or guidance, supervision for yourself and given further knowledge. A follow-up supervision result form academic gains, with the objective analysis teaching, target analysis skills learning, conclude the result of what he had acquired during supervision academic, encourage teachers to planned exercise, as well as set next plan.
Keywords: supervision, management, learning

Latar Belakang
Studi pendahuluan di SDN Ciwangi memperlihatkan bahwa perencana­an yang dilakukan kurang memperhatikan kinerja tahun sebelumnya. Dinamika perkembangan pendidik­an dan berbagai perubahan di luar sekolah setiap saat mengalami perubahan. Oleh sebab itu perencanaan yang disusun di tahun berikutnya harus ada peru­bahan yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Seiring dengan dinamika perkembangan pendidikan, guru harus merubah perencanaan pengajaran setiap tahun­nya. Peningkatan pendidikan yang saat ini tercermin pada perkembangan teknologi, maka perencanaan dan proses pembelajaran harus memanfaatkan teknologi.

Supervisi yang dilaksanakan kepala sekolah ter­hadap guru di sekolah dasar terbiasa saling memberi dan menerima. Hal ini tercermin dalam situasi ke­akraban, karena personalia di sekolah dasar hanya sedikit. Untuk melaksanakan kegiatan supervisi, antara kepala sekolah dan guru dapat membuat kese­pakatan. Harapannya untuk dapat menciptakan sua­sana yang menyenangkan dan kondusif. Kepala sekolah bertanggungjawab memantau, membina, dan memperbaiki proses pembelajaran di kelas atau di sekolah. Dalam meningkatkan dan memperbaiki proses pembelajaran, salah satu tugasnya adalah melakukan supervisi. Di samping itu kepala sekolah bertanggungjawab terhadap kualitas pembelajaran.

Perencanaan perlu dipersiapkan dengan baik, dalam hal ini merancang apa, siapa, dimana, dan kapan. Keempat rancangan tersebut dimunculkan melalui jadwal dan sudah dikomunikasikan secara langsung kepada guru. Dalam catatan penulis bebera­pa hal yang konsisten antara lain: (a) Perencanaan supervisi pembelajaran yang dipersiapkan secara matang; (b) Pelaksanaan supervisi pembelajaran dilak­sanakan dengan kesepakatan bersama antara guru dengan kepala sekolah; (c) Umpan balik setelah kegi­atan pelaksanaan supervisi diimplementasikan dalam kegiatan intervensi memberi bantuan dikdaktis dan pemberian bantuan pengetahuan tambahan bersama guru-guru dalam satu gugus. Tindak lanjutnya berupa penguatan, menganalisis pencapaian tujuan pembela­jaran, menganalisis target keterampilan pembelajaran, menyimpulkan hasil dari apa yang diperolehnya selama supervisi akademik, mendorong guru untuk merencanakan latihan-latihan, sekaligus menetapkan rencana berikutnya

Rumusan Masalah
1.  Bagaimana perencanaan supervisi akademik untuk meningkatan kinerja guru di SDN Ciwangi?
2.  Bagaimana Implementasi supervisi akademik untuk meningkatan kinerja guru di SDN Ciwangi?
3.  Bagaimana umpan balik supervisi akademik untuk meningkatan kinerja guru di SDN Ciwangi?

Masukkan E-Mail Anda:

1 Response to "Penelitian Tindakan Sekolah (PTS): “Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik Di SDN Ciwangi”"

  1. Terimakasih, paling tidak telah memberi referensi dalam penyusunan PTS.

    ReplyDelete