Sungai Cidomas Garokgek "The Blue River of Purwakarta" | SDN Ciwangi Purwakarta
..:: Selamat Datang Peserta Didik Baru Di Sekolah TASBIH (Taqwa, Aman, Santun, Bersih, Indah, Hijau) ::..

Sungai Cidomas Garokgek "The Blue River of Purwakarta"

Sungai Cidomas

Di Kampung Garokgek Desa Parakan Garokgek, Kecamatan Kiarapedes terdapat sungai jeram dengan aliran deras telah menjadi wana wisata desa warga dan pengunjung lokal, dan promosi masih terus di lakukan oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

Sungai Cidomas sendiri berada di perbatasan Purwakarta dan Subang. Di pedalaman kampung dan perkebunan teh serta pala menambah asri jalur menuju sungai. Airnya hijau kebiruan nan deras dengan bebatuan besar di sepanjang tepian sungai. Pohon bambu di tepian sungai pun menambah sejuk dan segarnya air sungai.

Sungai Cidomas “Blue River” di Purwakarta. Sungai cidomas terletak di desa Garokgek, Kecamatan Kiara Pedes, Purwakarta. Sekitar 4 KM dari Situ Wanayasa dengan mengambil jalan ke arah Subang. Nampak birunya warna air Cidomas sebagai akibat pantulan dari sinar matahari dan dari jernihnya air dan kedalaman sungai tersebut. Selain itu terdapat juga aliran air terjun kecil dan tebing batu yang luar biasa membentuk relief hasil pahatan alam yang luar biasa indah Sungai Cidomas baru benar-benar ramai dikunjungi setelah anak muda yang sempat camping mengunggah foto-foto jernihnya air Cidomas ke media sosial. Seketika pula ramai menjadi perbincangan dan mulai didatangi wisatawan dari berbagai daerah.

Untuk memasuki kawasan wana wisata Cidomas pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis. Hanya saja untuk parkir kendaraan biasanya pengunjung harus membayar biaya penitipan sebagai kontribusi.

Agar sampai ke wana wisata Cidomas bagi pengunjung dari Wanayasa terus menuju Kecamatan Kiarapedes, melewati ICG (Islamic Center Garokgek), tepat di pertigaan sebelum perbatasan belok ke kiri dan mengikuti jalan desa, ada petunjuk arah untuk sampai ke Sungai Cidomas. Sementara bila dari arah Subang setelah tugu perbatasan ada pertigaan belok ke kanan dan mengikuti jalur jalan desa.


Wisata
Kerja nyata Pemkab Purwakarta di bawah kepemimpinan Kang Dedi Mulyadi juga terlihat dari keberhasilan mengubah wajah Purwakarta. Saat ini, kondisi kabupaten yang mengedepankan spirit budaya dalam pembangunannya itu lebih terlihat indah. Karena, pemkab setempat sejak beberapa tahun ini memanfaatkan ruang terbuka hijau (RTH) untuk dihias sedemikian rupa menjadi sebuah taman-taman yang indah. Sebut saja salah satunya, yang belum lama ini. Yakni, Taman Sri Baduga (Situ Buleud). Selain Situ Buleud, pemkab pun menyulap beberapa lokasi sudut kota menjadi sebuah taman-taman indah dengan berbagai bunga dan fasilitas penunjang lainnya. Saat ini, sudah ada sekitar 45 taman indah yang telah dibangun.

Masukkan E-Mail Anda:

0 Tanggapan "Sungai Cidomas Garokgek "The Blue River of Purwakarta""

Post a Comment