ABSTRAK
Rendahnya pemahaman materi koperasi
siswa kelas IV ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan oleh
guru hanya berupa metode ceramah, sementara siswa pasif hanya mendengarkan
penjelasan guru. Akibatnya, banyak siswa yang kurang fokus selama mengikuti
pembelajaran sehingga materi yang disampaikan tidak dapat diserap dengan baik
oleh siswa. Permasalahan yang terjadi ini diduga salah satunya adalah akibat
kurang bervariasinya pemilihan model pembelajaran oleh guru yang sesuai dengan
materi pembelajaran. Siswa hanya mendapatkan informasi pada apa yang
disampaikan guru dan siswa cenderung pasif karena hanya bertindak sebagai
pendengar setia dan pemerhati apa yang diterangkan oleh guru. Alternatif model
pembelajaran dalam upaya untuk menciptakan proses pembelajaran yang mendorong
siswa aktif dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe
Jigsaw.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) untuk hasil belajar siswa kelas IV SDN Ciwangi Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta pada pembelajaran IPS materi Koperasi sebelum guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, (2) untuk mengetahui Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dan (3) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SDN Ciwangi Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta pada pembelajaran IPS materi Koperasi setelah guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) untuk hasil belajar siswa kelas IV SDN Ciwangi Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta pada pembelajaran IPS materi Koperasi sebelum guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, (2) untuk mengetahui Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dan (3) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SDN Ciwangi Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta pada pembelajaran IPS materi Koperasi setelah guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.
Adapun jenis penelitian yang digunakan
adalah classroom action research yang dilaksanakan dalam tiga siklus.
Penelitian tindakan kelas (PTK)
dilaksanakan di SD Negeri Ciwangi Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Ciwangi sebanyak 43
orang, dengan rincian 24 orang laki-laki dan 19 orang perempuan.
Penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran IPS pada materi
koperasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ciwangi
menunjukkan peningkatan hasil. Dapat dilihat dari kenaikan setiap siklusnya.
Tes pada kegiatan observasi awal (pra tindakan) memperoleh nilai rata-rata
50,93. Siklus pertama diperoleh nilai 57,5091 Siklus kedua memperoleh nilai
62,79. Siklus ke tiga memperoleh nilai 74,88, dengan KKM 63,00.
Bab II Model Jigsaw
Bab III Model Jigsaw
Bab IV Model Jigsaw
0 Tanggapan "[PTK] Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Materi Koperasi Di Sekolah Dasar"
Post a Comment