[PTK] Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Materi Koperasi Di Sekolah Dasar | SDN Ciwangi Purwakarta
..:: Selamat Datang Peserta Didik Baru Di Sekolah TASBIH (Taqwa, Aman, Santun, Bersih, Indah, Hijau) ::..

[PTK] Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Materi Koperasi Di Sekolah Dasar

ABSTRAK

Rendahnya pemahaman materi koperasi siswa kelas IV ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru hanya berupa metode ceramah, sementara siswa pasif hanya mendengarkan penjelasan guru. Akibatnya, banyak siswa yang kurang fokus selama mengikuti pembelajaran sehingga materi yang disampaikan tidak dapat diserap dengan baik oleh siswa. Permasalahan yang terjadi ini diduga salah satunya adalah akibat kurang bervariasinya pemilihan model pembelajaran oleh guru yang sesuai dengan materi pembelajaran. Siswa hanya mendapatkan informasi pada apa yang disampaikan guru dan siswa cenderung pasif  karena hanya bertindak sebagai pendengar setia dan pemerhati apa yang diterangkan oleh guru. Alternatif model pembelajaran dalam upaya untuk menciptakan proses pembelajaran yang mendorong siswa aktif dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model  pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) untuk hasil belajar siswa kelas IV SDN Ciwangi Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta pada pembelajaran IPS materi Koperasi sebelum guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, (2) untuk mengetahui Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dan (3) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SDN Ciwangi Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta pada pembelajaran IPS materi Koperasi setelah guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.
Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah classroom action research yang dilaksanakan dalam tiga siklus.
Penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan di SD Negeri Ciwangi Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Ciwangi sebanyak 43 orang, dengan rincian 24 orang laki-laki dan 19 orang perempuan.
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran IPS pada materi koperasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ciwangi menunjukkan peningkatan hasil. Dapat dilihat dari kenaikan setiap siklusnya. Tes pada kegiatan observasi awal (pra tindakan) memperoleh nilai rata-rata 50,93. Siklus pertama diperoleh nilai 57,5091 Siklus kedua memperoleh nilai 62,79. Siklus ke tiga memperoleh nilai 74,88, dengan KKM 63,00.
Class Action Research

Masukkan E-Mail Anda:

0 Tanggapan "[PTK] Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Materi Koperasi Di Sekolah Dasar"

Post a Comment