Potensi Indonesia bagi Perkembangan (Industri) 4.0
We
are Big
267 Juta Penduduk
1.340 Suku Bangsa
17.508 Pulau
746 Bahasa
Daerah
We
are Connected
132,7 Juta Pengguna
Internet
371,4 Juta
Pelanggan Ponsel
106 Juta
Pengguna Aktif Sosial Media
We
are Strong
Bonus
Demografi Usia Produktif
Ekonomi Tumbuh
Politik dan
Keamanan Stabil
TIK dan INOVASI
Mengapa perlu Inovasi? Ada beberapa Megatrends global yang
mengubah Dunia
(1) Urbanisasi cepat
(2) Perubahan iklim dan
kelangkaan sumber daya
(3) Pergeseran kekuatan
ekonomi global
(4) Perubahan demografi
dan sosial
(5) Geberakan teknologi
[Ekonomi di masa mendatang akan dipengaruhi dan dibentuk
oleh teknologi, inovasi dan kewirausahaan yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan
dan kebutuhan yang timbul dari kelima megatrends
ini.]
Kedua tujuan hanya bisa dicapai dengan secara berkesinambungan berinovasi
Mata Rantai
yang menyambungkan Kewirausahaan dan
Teknologi
❖ Ilmu Pengetahuan
❖ Teknologi
❖ Inovasi
❖ Kewirausahaan
Dengan kata lain: Inovasi menghubungkan Teknologi dan
Kewirausahaan
Teknologi sebagai media pembelajaran:
• Supaya proses belajar berlangsung dengan tepat dan
berdaya guna
• Untuk mempermudah bagi guru/pendidik dalam
menyampaikan informasi
• Memudahkan bagi anak didik menyerap serta memahami
materi
• Metode mengajar akan lebih bervariasi
Fungsi teknologi dalam pembelajaran
• Teknologi berfungsi sebagai alat (tools), TIK sebagai alat bantu bagi pengguna (user)
• Teknologi berfungsi sebagai ilmu pengetahuan (science)
• Teknologi berfungsi sebagai bahan dan alat bantu (literacy)
As
a Tools
Program aplikasi,
Sistem Informasi, Database, Program Pengolahan Kata, Program Pengolahan Angka,
Aritmatika, Pengolahan Grafis.
As
a Science
Informatika,
Ilmu Komputer, Manajemen Informatika, Pendidikan Ilmu Komputer, Mata Pelajaran
TIK/ICT, dll.
As
a Literacy
CAI, Computer Assisttance Instruction
CAL, Computer Assisttance Learning
CBI, Computer Based Instruction
CBT, Computer Based Training
CML, Computer Mediated Learning
CBE, Computer Based Education
CaI, Computer Aided Instruction
CaL, Computer Aided Learning
CMI, Computer Management Instruction
CSRL, Computer Supported Resource Learning
Pendidikan dan Inovasi :Kurikulum STE(A)M dan Makers
» Kurikulum
berbasis STE(A)M (Science, Technology, Engineering, (Arts), Mathematics) yang berorientasi
pada cara belajar projectbased sangat penting untuk mempersiapkan SDM menjadi mampu bekerja secara inovatif, berdaya saing dan produktif di masa mendatang.
» Integrasi
dari filosofi dan gerakan Makers dalam kurikulum yang menggunakan teknologi untuk
membuat purwarupa (prototipe) dan mewujudkan dan membuktikan ide menjadi solusi
dalam bentuk
produk/jasa
dengan cara inovatif.
» Catatan: kedua hal ini harus menjadi bagian fundamental
dan integral dari pendidikan formal dan informal kedepan.
Download:
0 Tanggapan "Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0"
Post a Comment