Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0 | SDN Ciwangi Purwakarta
..:: Selamat Datang Peserta Didik Baru Di Sekolah TASBIH (Taqwa, Aman, Santun, Bersih, Indah, Hijau) ::..

Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0

Potensi Indonesia bagi Perkembangan (Industri) 4.0
We are Big
267 Juta Penduduk
1.340 Suku Bangsa
17.508 Pulau
746 Bahasa Daerah

We are Connected
132,7 Juta Pengguna Internet
371,4 Juta Pelanggan Ponsel
106 Juta Pengguna Aktif Sosial Media

We are Strong
Bonus Demografi Usia Produktif
Ekonomi Tumbuh
Politik dan Keamanan Stabil

TIK dan INOVASI
Mengapa perlu Inovasi? Ada beberapa Megatrends global yang mengubah Dunia
(1) Urbanisasi cepat
(2) Perubahan iklim dan kelangkaan sumber daya
(3) Pergeseran kekuatan ekonomi global
(4) Perubahan demografi dan sosial
(5) Geberakan teknologi

[Ekonomi di masa mendatang akan dipengaruhi dan dibentuk oleh teknologi, inovasi dan kewirausahaan yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan dan kebutuhan yang timbul dari kelima megatrends ini.]

Kedua tujuan hanya bisa dicapai dengan secara berkesinambungan berinovasi
Mata Rantai yang menyambungkan Kewirausahaan dan Teknologi
Ilmu Pengetahuan
Teknologi
Inovasi
Kewirausahaan
Dengan kata lain: Inovasi menghubungkan Teknologi dan Kewirausahaan

Teknologi sebagai media pembelajaran:
Supaya proses belajar berlangsung dengan tepat dan berdaya guna
Untuk mempermudah bagi guru/pendidik dalam menyampaikan informasi
Memudahkan bagi anak didik menyerap serta memahami materi
Metode mengajar akan lebih bervariasi

Fungsi teknologi dalam pembelajaran
Teknologi berfungsi sebagai alat (tools), TIK sebagai alat bantu bagi pengguna (user)
Teknologi berfungsi sebagai ilmu pengetahuan (science)
Teknologi berfungsi sebagai bahan dan alat bantu (literacy)

As a Tools
Program aplikasi, Sistem Informasi, Database, Program Pengolahan Kata, Program Pengolahan Angka, Aritmatika, Pengolahan Grafis.

As a Science
Informatika, Ilmu Komputer, Manajemen Informatika, Pendidikan Ilmu Komputer, Mata Pelajaran TIK/ICT, dll.

As a Literacy
CAI, Computer Assisttance Instruction
CAL, Computer Assisttance Learning
CBI, Computer Based Instruction
CBT, Computer Based Training
CML, Computer Mediated Learning
CBE, Computer Based Education
CaI, Computer Aided Instruction
CaL, Computer Aided Learning
CMI, Computer Management Instruction
CSRL, Computer Supported Resource Learning

Pendidikan dan Inovasi :Kurikulum STE(A)M dan Makers
» Kurikulum berbasis STE(A)M (Science, Technology, Engineering, (Arts), Mathematics) yang berorientasi pada cara belajar projectbased sangat penting untuk mempersiapkan SDM menjadi mampu bekerja secara inovatif, berdaya saing dan produktif di masa mendatang.

» Integrasi dari filosofi dan gerakan Makers dalam kurikulum yang menggunakan teknologi untuk membuat purwarupa (prototipe) dan mewujudkan dan membuktikan ide menjadi solusi dalam bentuk
produk/jasa dengan cara inovatif.

» Catatan: kedua hal ini harus menjadi bagian fundamental dan integral dari pendidikan formal dan informal kedepan.

Download:

Masukkan E-Mail Anda:

0 Tanggapan "Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0"

Post a Comment